Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1454
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWINGDENGAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SDN AMPEL 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Authors: SULISTYANI
Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING
Issue Date: 30-Oct-2013
Series/Report no.: 080210204273;
Abstract: Rendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; pembelajaran IPA di kelas IV SDN Ampel 02 kecamatan Wuluhan masih mengandalkan metode ceramah. Dalam metode ceramah guru tidak memberi kesempatan siswa untuk menggali dan menemukan kebenaran konsep IPA. Guru bersifat sebagai transfer of knowledge dan transfer of information saja tanpa memperhatikan konsepsi awal siswa yang diperoleh dari pengetahuan berdasarkan pengalaman sehari-hari. Siswa hanya menerima informasi yang disampaikan oleh guru, sedangkan guru kurang memperhatikan proses asimilasi informasi dalam diri siswa, apakah struktur kognitif siswa tertsebut telah sesuai dengan informasi baru yang telah disampaikan guru atau malah sebaliknya. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan Jember? (b) Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing pokok bahasan gaya siswa kelas IV SDN Ampel 02 Wuluhan Jember? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar melalui pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli mata pelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ampel 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 02 Kecamatan Wuluhan, dimulai pada tanggal 11 Januari 2011 sampai tanggal 22 Januari 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli pada pembelajaran siklus 1 diperoleh 55,33% dan pembelajaran siklus 2 memperoleh 76,67%, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 21,34%. Kemudian analisis hasil belajar IPA juga mengalami peningkatan yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 72%, ke siklus 2 sebesar 84% mengalami peningkatan sebesar 12%. Pemerolehan hasil akhir dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli pada siklus 2 mencapai 76,67% yang termasuk kriteria aktif, sedangkan pada analisis hasil belajar siklus 2 mencapai 84% yang termasuk kriteria baik. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pertimbangan siswa adalah hendaknya dijadikan semangat belajar karena dengan model snowball throwing bisa menemukan sesuatu hal yang baru dalam belajar di, bagi guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran, dan bagi sekolah, hendaknya sekolah mendukung penerapan pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1454
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Sulistyani_001.pdf8.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools