Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13608
Title: PENGARUH PERSEPSI IKLAN KARTU AS DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN
Authors: Sulistyowati
Keywords: Persepsi iklan, Keputusan Konsumen
Issue Date: 28-Dec-2013
Series/Report no.: 080210391021;
Abstract: Dengan adanya iklan, suatu produk barang atau jasa dapat diketahui konsumen. Hal ini merupakan proses awal dalam program periklanan yaitu terjadinya persepsi yang menyentuh indra manusia. Sikap positif terhadap suatu produk akan mendorong kepada pembelian. Agar suatu pesan iklan menjadi efektif, proses pengiriman harus berhubungan dengan proses penerimaan kepada penerima. Untuk itu komunikasi harus merancang pesan agar masuk sasarannya. Telkomsel merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang sudah dikenal masyarakat di Nusantara karena Telkomsel termasuk perusahaan yang paling senior di dunia pertelekomunikasian. Perusahaan ini menjadi produk jasa telekomunikasi seluler GSM pertama yang ada di Indonesia. Lamanya perusahaan ini bisa menjadi salah satu alasan telkomsel memiliki pelanggan terbanyak, seperti yang diungkapkan dalam media cetak saat ini Telkomsel memiliki 125 juta pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia (www.Solopos.com). Program promosi yang di tawarkan kartu AS adalah Wow Rp.500. promosi ini disesuaikan dengan jumlah pulsa yang dimiliki pelanggan sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggannya. Tarif untuk telepon pada promo WOW Rp.500 adalah Jika pulsa > Rp.500, maka dikenakan tarif Rp. 500 per/30 detik untuk 30 detik pertama, kemudian Rp. 15/detik untuk detik berikutnya untuk tarif SMS ke sesama Telkomsel Rp. 99/SMS. Selain itu dengan program promosi ini pengguna telkomsel akan memperoleh gratis telepon, internet dan sms setelah pemakaian pulsa Rp.500. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pogram Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dengan kriteria sebagai berikut mahasiswa memakai kartu As, dan mahasiswa pernah melihat iklan kartu AS melalui media iklan televisi. Pengambilan populasi ini dilakukan dengan alasan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008-2010 memiliki pengetahuan yang cukup tentang periklanan sehingga peneliti mendapatkan data yang valid. Sampel penelitian ini diambil menggunakan metode proporsional sampling yaitu pengambilan sampel dari seluruh populai yang diambil secara proposional yang pengambilannya secara random (acak) dengan menggunakan rumus Slovin sehingga terkumpul 72 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi Y = 6,545 + 0,182X + e , sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara iklan terhadap keputusan konsumen membeli kartu As. Dari hasil pengujian secara parsial variabel pemasaran tradisional nilai f i (196,080 > 2,45) maka H 0 hitung ditolak dan H dari variabel iklan (X) lebih besar dari f diterima, ini menunjukkan bahwa variabel iklan (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku keputusan pembelian konsumen. Koefisien determinan R2 sebesar 83,8%, sedangkan sisanya 16,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13608
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sulistyowati - 080210391021_1.pdf526.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools