Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13533
Title: | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN LKS BERBASIS FOTO KEJADIAN FISIKA PADA SISWA KELAS X.C SMA NEGERI 1 SUBOH SITUBONDO (Kajian Pada Pokok Bahasan : Pemuaian dan Perubahan Wujud Zat) |
Authors: | Arinda Ayu Wandari |
Keywords: | Hasil Belajar Fisika, LKS, Fisika |
Issue Date: | 27-Dec-2013 |
Series/Report no.: | 080210192048; |
Abstract: | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas setelah diterapkan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika di kelas X.C SMA Negeri I Suboh Situbondo; dan (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa selama diterapkan LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika di kelas X.C SMA Negeri I Suboh Situbondo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh Situbondo pada tahun ajaran 2012/2013 pada materi pemuaian dan perubahan wujud zat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran yakni hasil posttest pada pra-siklus, siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV serta hasil wawancara kepada guru bidang studi kelas X.C dan siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus Normalized Gain (Ng) untuk menentukan besarnya peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dan menggunakan Persentase Aktivitas (Pa) untuk menentukan besarnya persentase aktivitas siswa selama pemebelajaran LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, terjadi peningkatkan hasil belajar fisika pada siswa kelas X.C SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dengan kategori sedang setelah diterapankannya pembelajaran menggunakan media LKS Berbasis Foto Kejadian Fisika. Peningkatan hasil belajar terjadi dari setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,29 dengan kategori rendah. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan hasi l belajar yaitu sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Setelah dilakukan siklus III terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 0,37. Setelah dilakukan siklus IV terjadi peningkatan hasil belajar yaitu sebesar 0,43. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, mencatat, mengeluarkan pendapat, bertanya/ menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil di atas menunjukkan media LKS Berbasis Foto Kejadian dapat diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk memicu keterlibatan siswa pada aspek tingkat pencapaian konsep, aspek penalaran dalam belajar fisika dan meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13533 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Arinda Ayu Wandari_1.pdf | 1.55 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools