Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13462
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMardiatul Hasanah-
dc.date.accessioned2013-12-27T06:47:09Z-
dc.date.available2013-12-27T06:47:09Z-
dc.date.issued2013-12-27-
dc.identifier.nimNIM080210193040-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13462-
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi kelas XI SMAN di Kabupaten Bondowoso berdasarkan rerata kualitas silabus sebesar 1,68 (84,1%) dengan kualitas sangat baik dan RPP sebesar 4,0 (79,1%) dengan kualitas baik, telah sesuai dengan kurikulum, tujuan pembelajaran, kebutuhan belajar siswa, kondisi sekolah (sarana dan prasarana laboratorium), serta lingkup materi ajar. Strategi yang banyak digunakan yaitu strategi pembelajaran berdasarkan pengalaman dengan menggunakan metode eksperimen dan strategi pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode diskusi. Aktivitas siswa dalam kegiatan praktikum dalam ranah afektif dan ranah psikomotorik masuk dalam kategori baik dengan skor terbanyak yaitu skor 3 dengan persentase 47,69%, serta capaian hasil belajar yang berupa hasil kegiatan praktikum mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 65% dan ulangan harian mencapai skor terbanyak yaitu skor “C” (cukup) dengan persentase 59,3% juga masuk dalam kategori cukup baik. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (P < 0,05) antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan aktivitas siswa dan terdapat hubungan yang tidak signifikan (P > 0,05) antara strategi guru dalam pengembangan disain pembelajaran praktikum biologi dengan capaian hasil belajar praktikum siswa kelas XI.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193040;-
dc.subjectPraktikum Biologi, Aktivitas, Hasil Belajar Praktikumen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN DISAIN PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BIOLOGI DENGAN AKTIVITAS DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR PRAKTIKUM SISWA (KELAS XI SMAN DI KABUPATEN BONDOWOSO)en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Mardiatul Hasanah_1.pdf1.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools