Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1342
Title: EKSPLORASI ASPEK KEBAHASAAN DAN NONKEBAHASAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN PLUS SUKOWONO
Authors: Dwi Aditya Krisna
Keywords: KETERAMPILAN MEMBACAKAN BERITA
Issue Date: 21-Oct-2013
Series/Report no.: 070210402097;
Abstract: Membaca sebagai salah satu dari empat orientasi keterampilan berbahasa merupakan salah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa sejak mengenal bangku sekolah. Namun kenyataannya keterampilan membaca siswa saat ini masih sangat rendah. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, SMAN Plus Sukowono, khususnya kelas XI IPA 1, diketahui bahwa keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran membacakan berita, masih rendah baik dari dari segi aspek kebahasaan maupun nonkebahasaannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membacakan berita perlu dilakukan dengan cara pembelajaran yang menyenangkan, serta bisa menempatkan siswa tidak hanya sebagai objek , namun justru sebagai subjek yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan adalah adalah salah satu pembelajaran yang dianggap tepat sehingga sepakat untuk dicobaterapkan oleh guru dan peneliti dalam pembelajaran ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimanakah proses penerapan pembelajaran eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan yang dapat meningkatkan keterampilan membacakan berita siswa kelas XI IPA 1 SMAN Plus Sukowono?; (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca siswa kelas XI IPA 1 SMAN Plus Sukowono dalam membacakan berita setelah penerapan pembelajaran eksplorasi aspek kebahasaan dan nonkebahasaan? Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan mulai dari prasiklus, siklus ke-1, dan siklus ke-2. Penerapan model pembelajaran eksplorasi ini mulai mulai diterapkan pada siklus ke- 1 dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SMAN Plus Sukowono, Jalan Sumberkalong, Sumberwaru, Sukowono, Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 1 SMAN Plus Sukowono. Proses pembelajaran ekplorasi mencapai standar ketuntasan yang ditentukan pada siklus ke-2. Pada siklus ke-2, keberhasilan didukung oleh kinerja guru dengan memberikan motivasi berupa hadiah kepada siswa dengan penampilan terbaik, memberikan tambahan media yang bervariasi dari sebelumnya serta menghadirkan model yang dapat diamati siswa secara langsung untuk meningkatkan keterampilan membacakan berita dari segi aspek kebahasaan, yang pada siklus sebelumnya (siklus ke-1) masih kurang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hingga mencapai nilai KKM (75). Hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata prasiklus 68,59 menjadi 76,35 pada siklus ke-2. Antusiasme siswa pun meningkat karena suasana belajar yang menyenangkan dengan media pembelajaran yang berdesain menarik (pemutaran tayangan video pembacaan berita) serta model yang dihadirkan dalam pembelajaran ini. Berdasarkan perbaikan-perbaikan yang dilakukan, penilaian aktivitas guru juga meningkat dari 1,9 pada siklus ke-1 menjadi 2,84 pada siklus ke-2 Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini ialah proses penerapan pembelajaran eksplorasi yang diterapkan dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengamati dan menemukan sesuatu, serta memberikan media dan model yang bervariasi yang dapat diamati langsung oleh siswa, dapat meningkatkan keterampilan membacakan berita pada siswa, baik dari aspek kebahasaan maupun nonkebahasaan. Dari pelaksanaan PTK ini, dapat disarankan pada peneliti lain dan guru bahasa Indonesia. Bagi mereka yang ingin meneliti dengan menerapkan model eksplorasi dalam pembelajaran, komponen bidang yang akan dieksplorasi perlu diperhatikan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1342
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Dwi Aditya Krisna_001.pdf861.04 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools