Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13397
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Student Team-Achievement Divisions (STAD) dengan Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi Tahun Pelajarn 2011/2012
Authors: Siti Nurjanah
Keywords: Model Pembelajaran Student Team-Achievement Divisions
Issue Date: 27-Dec-2013
Series/Report no.: 060210193099;
Abstract: Perkembangan IPTEK dalam kehidupan semakin mendorong dan mempengaruhi dunia pendidikan. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di indonesia, khususnya biologi yaitu melalui perubahan kurikulum. Namun sampai saat ini mutu pendidikan di indonesia masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan, baik ditinjau dari proses pembelajarannya maupun hasil belajar siswanya (Depdiknas dalam Febrianto, 2010:1) Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode praktikum terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi, serta adakah pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode praktikum terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo serta mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo. Dalam penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain eksperimen semu pda kelas XI IPA SMA Negeri 1 purwoharjo-banyuwangi. Kegiatan pengumpulan data dilakukan observasi, dokumentasi, wawancara terhadap guru maupun siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji homogenitas dengan analisis varian erhadap data hasil penelitian. Dari hasil observasi, aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen XI IPA-1 dan kelas kontrol XI IPA-4 dapat dianalisis data dengan menggunakan metode independent sample t-test. Hasil perhitungan menggunakan SPSS 15 menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% hasil (62,17%) jika dibandingkan rerata selisih aktivitas siswa pada kelas kontrol (57,33%). Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar biologi menggunakan penerapan model pembelajaran Student TeamAchievement Divisions dengan metode praktikum. Data hasil belajar kognitif yaitu berupa data hasil skor pre-test dan post-test, dimana data hasil yang diperoleh untuk menjawab permasalahan yang pertama yaitu’’ Adakah pengaruh model pembelajaran STAD dengan metode praktikum terhadap hasil belajar siswa”. Data hasil pre-test dan posttest yang di laksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji perhitungan secara manual untuk membandingkan rerata selisih Pretest dan Posttest antara kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan tabel perbandingan selisih rerata Pretest dan Posttest dapat diketahui bahwa selisih rerata Pretest dan Posttest kelas eksperimen lebih tinggi 51,35 jika dibandingkan selisih rerata Pretest dan Posttest kelas kontrol 41,60. Hasil ranah psikomotor dapat dilihat pada sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis Uji-t pada model pembelajaran STAD dengan metode praktikum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotor. Hasil analisis uji-t menggunakan metode analisis Independent Sample t-tes. Pada taraf signifikansi 5% menunjukkan rata2 hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh penerapan model STAD dengan metode praktikum meberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Data hasil belajar kognitif yaitu berupa data hasil skor pre-test dan post-test, dimana data hasil yang diperoleh untuk menjawab permasalahan yang pertama yaitu’’ Adakah pengaruh model pembelajaran STAD Hasil ranah psikomotor dapat dilihat pada sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Dari hasil analisis Uji-t pada model pembelajaran STAD viii dengan metode praktikum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada ranah psikomotor. Hasil analisis uji-t menggunakan metode analisis Independent Sample t-tes. Pada taraf signifikansi 5% menunjukkan rata2 hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol.sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh penerapan model STAD dengan metode praktikum meberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13397
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Nur Jannah - 060210193099_1.pdf54.3 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools