Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13334
Title: Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Menggunakan Strategi Synergetic Teaching (Pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Jember)
Authors: Anisa Ruli Nurmalita
Keywords: SPPKB, Strategi Synergetic Teaching, Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa
Issue Date: 27-Dec-2013
Series/Report no.: 080210103007;
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui seberapa besar efektifitas SPPKB menggunakan synergetic teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas perlakuan SPPKB menggunakan synergetic teaching dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional; (3) mengetahui aktivitas belajar siswa menggunakan SPPKB menggunakan synergetic teaching. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas 8C dan 8D SMP Negeri 10 Jember. Kelas 8D adalah kelas eksperimen dengan penerapan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir menggunakan synergetic teaching sedangkan kelas 8C adalah kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Nopember - Desember semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa yang diamati dalam kegiatan pembelajaran diantaranya: (1) memberi pertanyaan; (2) menjawab pertanyaan; (3) aktif selama melakukan diskusi; (4) mengerjakan LKS; (5) memperhatikan penjelasan guru, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk nilai pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarian (Anakova). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang signifikan di kelas eksperimen (8D). Secara klasikal, keaktifan siswa kelas eksperimen memiliki rata - rata yang lebih tinggi, yaitu sebesar 79,69% jika dibandingkan dengan rata - rata kelas kontrol, yaitu sebesar 52,65%. Selanjutnya, hasil analisis menggunakan Indipendent sample t-test terhadap nilai aktivitas siswa, diketahui bahwa nila aktivitas yang diperoleh siswa signifikansi (P) untuk kedua kelas adalah 0,000. P < 0,05 sehingga H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir menggunakan synergetic teaching terhadap aktivitas belajar siswa. Hasil belajar kognitif yang diperoleh dalam penelitian ini, secara klasikal rata - rata nilai pre-test dan post-test antara siswa kelas eksperimen lebih tinggi, yaitu sebesar 84,69% daripada siswa kelas kontrol, yaitu sebesar 72,12%. Selanjutnya, hasil analisis terhadap nilai pre-test dan post-test, diketahui bahwa nilai signifikansi (P) untuk kedua kelas adalah 0,048. P < 0,05 sehingga H0 ditolak atau dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) menggunakan synergetic teaching terhadap aspek kognitif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13334
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anisa Ruli Nurmalita_1.pdf152.26 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools