Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13317
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYANTIN WIJAYANTI PUTRI-
dc.date.accessioned2013-12-27T03:13:07Z-
dc.date.available2013-12-27T03:13:07Z-
dc.date.issued2013-12-27-
dc.identifier.nimNIM070210101008-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13317-
dc.description.abstractDaerah penelitian di SMPLB-A TPA Jember dengan dua siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahap-tahap yang pertama adalah persiapan penelitian, kegiatan eksplorasi (pengumpulan data), analisis data, dan penyusunan laporan. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Setelah mendapatkan data-data yang diperlukan, kemudian data tersebut dianalisis. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data, untuk proses pembelajaran kaitannya dengan tahap belajar geometri Van Hiele, guru telah menggunakan tahap pertama, kedua, ketiga, dan kelima. Dalam tiga tes awal diperoleh hasil bahwa LV memenuhi enam deskriptor Van Hiele dari tujuh deskriptor Van Hiele pada tingkat 0 dan 1 deskriptor pada tingkat 1 sehingga LV dapat diklasifikasikan dalam tingkat visualisasi. Dalam tes tingkat perkembangan berpikir geometri siswa yang berbentuk soal pilihan ganda, LV terklasifikasi dalam tingkat pra visualisasi, sehingga diberikan tes tambahan kepada LV dan ternyata LV terklasifikasi dalam tingkat pravisualisasi. Dalam tiga tes pertama, TT memenuhi tiga deskriptor Van Hiele dari tujuh deskriptor tingkat 0 dan satu deskriptor tingkat 1 sehingga TT dapat diklasifikasikan dalam tingkat pra visualisasi. Dalam tes tingkat perkembangan geometri, TT terklasifikasi dalam tingkat pra visualisasi. Dari hasil analisis tampak bahwa dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, guru menyesuaikan dengan tahap belajar geometri Van Hiele kecuali tahap orientasi bebas. Proses berpikir siswa low vision memenuhi 6 deskriptor dari 7 deskriptor tingkat 0 dan siswa tunanetra total memenuhi 3 deskriptor dari 7 deskriptor tingkat 0. Siswa SMPLB-A Jember tingkat berpikir geometrinya masih berada pada tahap pra visualisasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101008;-
dc.subjectSiswa Tunanetra, Segiempat, SMPLB-Aen_US
dc.titleANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA DALAM MEMAHAMI SEGIEMPAT DI SLB TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN JEMBER DAN KAITANNYA DENGAN TINGKAT BERPIKIR GEOMETRI VAN HIELEen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf243 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools