Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/13296
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BILINGUAL BERBASIS TEORI BRUNER PADA GEOMETRI INFORMAL POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA SMP KELAS VIII
Authors: SUNARSIH
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Teori Bruner, Geometri Informal
Issue Date: 27-Dec-2013
Series/Report no.: 070210101003;
Abstract: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika bilingual dengan teori Bruner pada Geometri Informal pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa SMP kelas VIII yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan . Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan 0,96 atau yang berarti pada kualifikasi sangat tinggi. Persentase angket respon siswa mencapai 80,20% dan 75,41% sedangkan respon guru mencapai 85,19% sehingga diperoleh rata-rata persentase 80,27%. Berdasarkan analisis data maka persentase tersebut mempunyai kualifikasi tinggi. Persentase respon siswa dan guru tersebut digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan LKS tersebut. Karena tingkat kevalidan dan kepraktisan mempunyai perbedaan kualifikasi yaitu sangat tinggi dan tinggi maka yang digunakan adalah nilai yang terendah atau kualifikasi tinggi. Dengan demikian, LKS bilingual berbasis Bruner dan Geometri Informal memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan dengan kualifikasi tinggi sehingga LKS tersebut tidak memerlukan revisi dan uji coba kembali, serta siap digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran matematika bilingual sebagai alternatif pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil uji coba, persentase respon siswa pada kedua subjek uji coba memiliki selisih 4,9%. Dari hasil uji coba siswa di SMPN 1 Jember lebih antusias dan merasa senang dibandingkan dengan siswa di SMP Negeri 1 Bondowoso. Akan tetapi, karakteristik siswa di Bondowoso lebih kritis dan lebih banyak memberikan saran untuk perbaikan LKS.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13296
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf379.4 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools