Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/129
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Muzakhar, Kahar | - |
dc.contributor.author | Siswoyo | - |
dc.contributor.author | Maududie, Achmad | - |
dc.contributor.author | Andrianto, Anang | - |
dc.contributor.author | Putra, Bayu Taruna Widjaja | - |
dc.date.accessioned | 2013-06-16T16:05:17Z | - |
dc.date.available | 2013-06-16T16:05:17Z | - |
dc.date.issued | 2013-06-16 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/129 | - |
dc.description.abstract | Kegiatan belajar mengajar harus dalam ruang kelas dengan kondisi dimana ada pengajar di depan kelas sambil sesekali menulis materi pelajaran di papan tulis. Namun, beberapa puluh tahun yang lalu pun juga telah dikenal pendidikan jarak jauh. Walaupun dengan mekanisme yang boleh dibilang cukup ‘sederhana’ untuk ukuran sekarang, tetapi saat itu metode tersebut sudah dapat membantu orang-orang yang butuh belajar atau mengenyam pendidikan tanpa terhalang kendala geografis. Namun demikian ketersedian materi pembelajaran dan metoda yang lebih interaktif dan komunikatif sangatlah dibutuhkan dalam rangka peningkatan pemahaman siswa terhadap permatapelajaran yang sedang berjalan. Sejak ditemukannya teknologi Internet, hampir ‘segalanya’ menjadi mungkin. Kini kita dapat belajar tak hanya anywhere, tetapi sekaligus anytime dengan fasilitas sistem e-learning yang ada. Dalam sosialiasi ini telah disosialisasikan elearning pada guru dan siswa SMP 1 Silo. Metode yang digunakan adalah dengan ceramah dan praktik. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, seluruh peserta pelatihan mampu memanfaatkan dan mengakses sistem pembelajaran berbasis e-learning. Pemanfaatan dan pengaksesan tersebut meliputi ; a) peserta mampu masuk dan registrasi user di e-learning, b) peserta mampu mengisi dan membuat pembelajaran (untuk guru), c) peserta mampu mengkases materi pembelajaran yang sudah masuk dalam sistem e-learning (untuk siswa), d) peserta (guru/siswa) mampu melakukan komunikasi / berinteraksi melalui sistem e-learning (grup diskusi, pengumuman, tugas dan chatting). Sebagai kesimpulan, pemanfaatan media pembelajaran e-learning pada suatu pembelajaran diharapkan dapat meningkatan pemahaman dan penyerapan materi ajar mengingat ; a) ketersediaan secara on-line materi yang ada dalam e-learning yang dapat diakses selama 24 jam penuh, b) akses yang begitu mudah tanpa dibatasi waktu ataupun jarak, c) komunikasi (diskusi, pengumuman, konsultasi dan pemberian/pengumpulan tugas secara paperless) antara guru dan siswa dapat dilakukan secara interaktif dan real-time. | en_US |
dc.description.sponsorship | Mandiri | en_US |
dc.subject | e-learning | en_US |
dc.subject | Silo | en_US |
dc.subject | pelatihan | en_US |
dc.title | PELATIHAN ICT (E-LEARNING) UNTUK MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 SILO | en_US |
dc.type | Working Paper | en_US |
Appears in Collections: | CSR-Mandiri |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Pengabdian_Silo2.pdf | 252.92 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.