Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128679Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | DINIYAH, Khittotud | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-20T03:03:23Z | |
| dc.date.available | 2025-11-20T03:03:23Z | |
| dc.date.issued | 2022-11-26 | |
| dc.identifier.nim | 150210402041 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128679 | |
| dc.description | Finalisasi oleh Ardi Tanggal 20 Nopember 2025 | en_US |
| dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 berbasis teks. Terdapat keterampilan menulis yang di ajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Satu di antara teks yang diajarkan adalah teks deskripsi. Keterampilan menulis atau memproduksi teks dilaksanakan atas dasar pemahaman siswa terhadap informasi tentang teks yang akan dipelajari. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang tidak mudah untuk dilakukan, memerlukan keterampilan lain seperti mendengar, berbicara, membaca, untuk kemudian dapat melakukan menulis. Pada keterampilan menulis teks deskripsi tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan kalimat yang dilakukan oleh siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian berupa kalimat yang diindikasi mengalami kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL_Irsyad Banyuwangi. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi. Teknik analisis terdiri atas tiga hal, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian ini berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, terdapat kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi.Kesalahan kalimat tersebut meliputi: (1) kalimat tidak gramatikal ditandai dengan kalimat tidak bersubjek, berpredikat, dan berobjek, (2) kalimat tidak padu ditandai dengan struktur yang kurang tepat, (3) kalimat tidak hemat ditandai dengan kalimat yang mengandung kata yang bermakna sama, penggunaan kata bentukan beserta maknanya, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan , (4) kalimat tidak logis ditandai dengan pemilihan kata yang tidak tepat sehingga meyebabkan makna kalimat tidak masuk akal, (5) kalimat tidak cermat ditandai dengan kalimat yang menggunakan kata tidak baku, penulisan, dan pelafalan yang menyimpang dari kaidah bahasa Indonesia, (6) kalimat taksa/ambigu ditandai dengan kalimat yang memiliki makna ganda, (7) kalimat interferensi ditandai dengan kalimat yang terpengaruh oleh bahasa lain yang bersifat mengganggu baik secara leksikal maupun gramatikal. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada siswa keturunan Arab untuk memahami kaidah kebahasaan dalam menulis teks deskripsi, memilih kaidah bahasa Indonesia yang benar di antara bahasa lain, serta menghindari bentuk-bentuk kesalahan kalimat. Bagi guru bahasa Indonesia, diharapkan hasil penelitian ini dapat meminimalisir kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab. | en_US |
| dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama : Dr. Arju Muti‟ah, M.Pd. Pembimbing Anggota : Anita Widjajanti, S.S., M.Hum. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
| dc.subject | KETURUNAN ARAB | en_US |
| dc.subject | KESALAHAN KALIMAT DALAM TEKS DESKRIPSI | en_US |
| dc.title | Kesalahan Kalimat dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Keturunan Arab Kelas VII SMP Al-Irsyad Banyuwangi | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Arju Muti‟ah, M.Pd | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Anita Widjajanti, S.S., M.Hum. | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Khittotud Diniya.repo.pdf | 2.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools