Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128549| Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Bio Monopoli pada Materi Sistem Pencernaan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA |
| Authors: | AMALIA, Dinda Rizky |
| Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Berpikir Kritis Hasil Belajar Media Bio Monopoli |
| Issue Date: | 21-Mar-2025 |
| Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Abstract: | Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 171 anak peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 66 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata posttest kelas eksperimen sebesar 82,64±9,672 dan kelas kontrol 70,67±15,960. Hasil ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,000 nilai (0,000<0,05). Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek kognitif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata sikap kelas ekperimen sebesar 75,03±15,433 dan kelas kontrol 70,76±12,579. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,238 nilai (0,238>0,05). Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media bio-monopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek afektif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rerata keterampilan kelas ekperimen sebesar 76,85±12,761 dan kelas kontrol 72,22±16,054. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa nilai sig yang didapatkan sebesar 0,095 nilai (0,095>0,05). Hal ini menujukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri dengan media biomonopoli terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek psikomotorik. |
| Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 November 2025_Kurnadi |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128549 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Dinda Rizky Amalia_210210103103_File Repository .pdf Until 2030-04-24 | 6.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools