Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128508
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHMAWATI, Novembria Alvi-
dc.date.accessioned2025-10-29T07:12:31Z-
dc.date.available2025-10-29T07:12:31Z-
dc.date.issued2025-04-25-
dc.identifier.nim210210101066en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128508-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 29 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas VIII dalam menyelesaikan permasalahan aljabar, serta untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kencong dengan melibatkan 34 siswa kelas VIII-F. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa angket self-efficacy, tes soal berpikir tingkat tinggi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat self-efficacy tinggi cenderung lebih mampu menyelesaikan soal berpikir tingkat tinggi hingga tingkat C5 (evaluasi), sementara siswa dengan self-efficacy rendah mengalami kesulitan dan cenderung tidak percaya diri. Siswa dengan self-efficacy sedang mampu mengerjakan soal pada tingkat C4 (analisis), namun merasa kesulitan dengan soal yang panjang dan terbatasnya waktu. Selain itu, faktor eksternal seperti gangguan sosial dan waktu yang terbatas juga mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Meskipun memiliki self-efficacy tinggi, beberapa siswa merasa terganggu oleh teman atau merasa waktu yang diberikan tidak cukup untuk menyelesaikan soal pada tingkat C6 (kreasi). Penelitian ini menyimpulkan bahwa self-efficacy berperan penting dalam peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun faktor eksternal perlu diperhatikan untuk menciptakan kondisi optimal dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)en_US
dc.subjectSelf-efficacyen_US
dc.subjectMateri Al Jabaren_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Ditinjau dari Self-efficacyen_US
dc.title.alternativeAnalisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Ditinjau dari Self-Efficacyen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dhanar Dwi Hary Jatmiko, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi.pdf
  Until 2030-06-05
Novembria Alvi Rahmawati_210210101066879.29 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools