Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128506
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUHAMAD, Dwi Putra Nur-
dc.date.accessioned2025-10-29T07:06:34Z-
dc.date.available2025-10-29T07:06:34Z-
dc.date.issued2025-05-16-
dc.identifier.nim210210204206en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128506-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 29 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemajuan teknologi, khususnya di bidang pendidikan, telah mendorong inovasi dalam metode pembelajaran, yang kini beralih dari pendekatan konvensional yang terfokus kepada guru ke model yang lebih interaktif dan berbasis teknologi. Lembaga pendidikan di Indonesia mulai mengintegrasikan inovasi digital untuk menghadapi tantangan globalisasi dan era revolusi industri 5.0. Digitalisasi sekolah menjadi salah satu wujud penerapan pembelajaran modern, yang menekankan aktivitas belajar mandiri, eksplorasi pengetahuan menggunakan media berbasis teknologi multimedia, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi. Program ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran serta meningkatkan keterampilan pengelolaan teknologi digital bagi siswa pada kurikulum merdeka pada saat ini. Media pembelajaran berperan penting dalam mendukung digitalisasi pendidikan, khususnya di sekolah dasar. Teknologi digital, seperti platform edukasi membantu menciptakan pembelajaran yang efektif di luar ruang kelas dan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Sejalan dengan perkembangan zaman, pemanfaatan perangkat teknologi termasuk smartphone, menjadi kebutuhan dalam proses belajar yang berguna sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sebagai bentuk mewujudkan hasil belajar yang maksimal. Seiring perkembangan tersebut media berbasis teknologi mulai berkembang pada era revolusi industri 5.0 pada saat ini, salah satunya adalah metaverse media alternatif yang potensial untuk mengoptimalkan dampak positif penggunaan internet dalam pembelajaran. Tujuan dibangunnya metaverse adalah untuk mengetahui seberapa efektifnya metaverse dapat membantu siswa mencapai kompetensi yang diinginkan (Jusuf et al., 2024:128). Selain itu juga metaverse dapat dikembangkan bisa mulai dari perangkat yang digunakan, aplikasi yang digunakan, hingga konten yang terdapat pada metaverse. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran metaverse Ijen Geopark Culturesite Bondowoso pada mata pelajaran IPAS Bab 7 dan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan media pembelajaran metaverse. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran metaverse Ijen Geopark Culturesite Bondowoso untuk mata pelajaran IPAS Bab 7 Daerahku Kebanggaanku kelas V di SDN Dabasah 03 Bondowoso? dan (2) Bagaimana kevalidan dan keefektifan pengembangan media pembelajaran metaverse Ijen Geopark Culturesite Bondowoso untuk siswa kelas V SDN Dabasah 03 Bondowoso?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) serta mengacu pada model ADDIE Dick and Carey dengan lima tahapan yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran metaverse Ijen Geopark Culturesite Bondowoso pada mata pelajaran IPAS Bab 7 menghasilkan nilai validasi oleh validator sebesar 84,6 termasuk kategori sangat layak. Keefektifan media pembelajaran diperoleh dari hasil uji paired sample test sebesar thitung 6,329 pada taraf signifikan 5% adalah N=30 (ttabel = 2,042), maka thitung > ttabel (6,329 > 2,042) dan dilanjutkan dengan analisis uji keefektifan produk dengan hasil 73% yang dinyatakan kedalam kategori efektif. Berdasarkan penelitian yang telah dipaparkan, adapun saran penelitian ini yaitu: (1) bagi pendidik, media pembelajaran metaverse Ijen Geopark Culturesite Bondowoso pada mata pelajaran IPAS Bab 7 Subbab 1 dapat dikembangkan lagi dengan model pembelajaran yang berbeda; (2) bagi peneliti lain, penelitian pengembangan yang sudah dilakukan dapat menjadi masukan dan dikembangkan dalam materi lain.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Chumi Zahroul Fitriyah, S. Pd., M. Pd. DPA: Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M. Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Metaverseen_US
dc.subjectIjen Geopark Culturesiteen_US
dc.subjectMata Pelajaran IPASen_US
dc.subjectKabupaten Bondowosoen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Metaverse Ijen Geopark Culturesite Bondowoso pada Mata Pelajaran IPAS Bab 7 Daerahku Kebanggaanku Siswa Kelas V SDN Dabasah 03 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S. Pd., M. Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE., M. Si.en_US
dc.identifier.validatorRevaen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2030-06-04
Dwi Putra Nur Muhamad_2102102042064.69 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools