Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128500
Title: Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 SD
Authors: RANI, Afnita
Keywords: Pengembangan E-Modul
Literasi Sains Kolaboratif
Keterampilan Literasi Sains
Issue Date: 2-Jun-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Literasi sains adalah keterampilan akan pemecahan masalah, paham akan kebenaran ilmiah, dan dapat menghubungkan antara sains, teknologi serta masyarakat. Fakta di Indonesia, peserta didik sampai saat ini mempunyai keterampilan literasi sains yang masih tergolong rendah. Beberapa permasalahan yang ditemui di sekolah juga berkontribusi pada rendahnya keterampilan literasi sains pada peserta didik, misalnya: pembelajaran kurang menekankan korelasi antara konten yang diajarkan dengan konteks atau isu; bahan ajar yang digunakan kurang memuat aspek kontekstual khususnya pada materi sistem pencernaan. Solusi yang dapat ditawarkan untuk permasalahan ini adalah pengembangan emodul berbasis literasi sains yang secara spesifik dikembangkan pada materi sistem pencernaan di sekolah dasar serta mengintegrasikan pembelajaran kolaboratif di dalamnya. Penggabungan antara literasi sains dan pembelajaran kolaboratif memiliki peranan penting untuk memastikan peserta didik tidak hanya meningkatkan kemampuan literasi sains, tetapi juga memperoleh dampak positif terhadap hasil belajar mereka, sehingga mampu bertukar informasi serta menganalisisnya secara lebih efektif. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul berbasis literasi sains kolaboratif pada pelajaran IPAS di sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri atas 10 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/ 2025. Pengambilan data dilakukan pada tahap pengembangan produk awal untuk mengambil data hasil validitas e-modul berbasis literasi sains kolaboratif. Selanjutnya dilakukan uji terbatas, uji lapangan, uji kelayakan 1 dan 2 untuk mengambil data kepraktisan dan keefektifan e-modul. Berdasarkan hasil penilaian validator, nilai validasi produk e-modul berbasis literasi sains adalah 96,5% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, angket respon peserta didik juga termasuk dalam kategori sangat praktis dengan masing-masing rerata skor 83,8% pada uji terbatas, 92,5% pada uji lapangan, 89,8% pada uji kelayakan 1, 91,6% pada uji kelayakan 2. Hasil yang baik juga didapatkan pada angket respon guru dengan masing-masing rerata skor adalah 88,8% pada uji terbatas, 93,7% pada uji lapangan, 95% pada uji kelayakan 1, serta 97,9% pada uji kelayakan 2. Pada data efektivitas e-modul terhadap keterampilan literasi sains didapatkan hasil N-Gain yaitu 0,49 pada uji terbatas; 0,60 pada uji lapangan; 0,61 pada uji kelayakn 1; dan 0,56 pada uji kelayakan kedua. Sedangkan efektivitas e-modul terhadap hasil belajar memperoleh skor N-Gain yaitu 0,53 pada uji terbatas; 0,62 pada uji lapangan; 0, 64 pada uji kelayakan 1; 0,61 pada uji kelayakan 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa validitas e-modul yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid, kepraktisan e-modul yang dikembangkan menunjukkan praktis digunakan dalam pembelajaran, keefektifan emodul yang dikembangkan menunjukkan efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi sains dan hasil belajar peserta didik, sehingga e-modul berbasis literasi sains kolaboratif layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan literasi sains dan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 29 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128500
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Afnita Rani_Repository.pdf
  Until 2030-06-05
Afnita Rani_2102102041593.9 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools