Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128477
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSYAFI, Nurus-
dc.date.accessioned2025-10-28T05:37:50Z-
dc.date.available2025-10-28T05:37:50Z-
dc.date.issued2025-01-09-
dc.identifier.nim180210204140en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128477-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 28 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractTujuan pembelajaran matematika di SD yaitu dapat memahami dan menggunakan konsep matematika untuk memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari, melatih nalar peserta didik, serta melatih peserta didik dalam memecahkan masalah. Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang disukai peserta didik karena pelajaran tersebut dirasa sulit karena terdapat banyak rumus dan model pembelajaran yang membosankan. Guru harus memahami model pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran agar mempermudah peserta didik memahami materi yang diajarkan. Proses belajar mengajar memerlukam suatu model yang dapat meningkatkan hasil belajar dari peserta didik yang salah satunya adalah Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental atau penelitian semu dengan rancangan Non-equivalent Control Group. Rancangan non-equivalent Control Group ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SD Sabilur Rosyad Sidoarjo. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 40 peserta didik yang terbagi menjadi kelas V A 20 peserta didik dan kelas V B sebanyak 20 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas Lilliefors, independent sample t-test dengan uji keefektifan relatif. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan uji Lilliefors dengan Ltabel menunjukkan angka 0,195 dengan syarat (Lhitung < Ltabel,). Hasilnya yaitu Lhitung pretest eksperimen mendapatkan hasil 0,119, posttest ekaperimen 0,125 pretest kontrol 0,176, serta posttest kontrol 0,166, sehingga seluruh data pretest dan posttest memiliki data berdistribusi normal. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung = 4,122 yang kemudian akan dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dengan ! = 20 yaitu 1,725. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, yaitu 4,122 > 1,725, sehingga sesuai dengan keputusan hipotesis yaitu hipotesis alternatif (Ha) diterima (H0) ditolak. Hasil uji keefektifan relatif menunjukkan hasil sebesar 68,91% yang termasuk pada keefektifan tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi bangun ruang kelas V SD Sabilur Rosyad Sidoarjo. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi guru sebaiknya lebih memperhatikan masing-masing peserta didik agar peserta didik tidak hanya mengeksplor kemampuannya secara individu tetapi secara bersama-sama dalam satu proyek. Bagi peneliti lain, dalam penerapan model project based learning harus mampu memahami cara mengendalikan kelas agar tetap kondusif sehingga penerapan model ini dapat lebih efektif lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectProject Based Learning (PJBL)en_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Ven_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs, Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository nurus.pdf
  Until 2030-05-25
Nurus Syafi_1802102041408.63 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools