Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128474
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPURWANTI, Nurul Yunda Nanik-
dc.date.accessioned2025-10-28T04:57:37Z-
dc.date.available2025-10-28T04:57:37Z-
dc.date.issued2025-02-24-
dc.identifier.nim210210102041en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128474-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 28 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractModul pembelajaran tentang katrol masih jarang digunakan di sekolah menengah atas dan metode yang biasa diterapkan cenderung konvensional, seperti substitusi dan eliminasi yang membutuhkan langkah-langkah yang panjang dan rumit. Akibatnya, materi katrol tetap sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan modul Aturan Cramer dalam menyelesaikan soal katrol tetap. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan melalui berupa tes hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest, sedangkan analisis data menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul pemecahan masalah katrol tetap dengan Aturan Cramer berhasil meningkatkan hasil belajar fisika siswa, dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil wawancara sesuai dengan analisis data hasil belajar siswa. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Aturan Cramer, meskipun beberapa masih mengalami kendala terutama dalam peninjauan objek dan ketelitian siswa terhadap gaya-gaya yang bekerja pada sistem. Oleh karena itu, penggunaan modul pembelajaran berbasis Aturan Cramer pada materi katrol tetap dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, sehingga dapat menjadi alternatif yang efektif untuk membantu memahami materi fisika.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.E DPA: Ernasari, M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKatrol tetapen_US
dc.subjectAturan Crameren_US
dc.subjectModul pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titleImplementasi Modul Aturan Cramer Pada Materi Katrol Tetap Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Bambang Supriadi, M.Sc., M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Ernasari, M.Pden_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY_ NURUL YUNDA NP.pdf
  Until 2030-05-24
Nurul Yunda Nanik Purwanti_2102101020411.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools