Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128446
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital pada Materi IPAS Kelas IV Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Budaya di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo
Authors: MAGHFIRAH, Sabila
Keywords: Learning Media
Media Pembelajaran Pop Up Book Digital
Indonesiaku Kaya Budaya
Issue Date: 6-Jan-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial merupakan salah satu bentuk dari implementasi dari Kurikulum Merdeka, mata pelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa menumbuhkan rasa ingin tahu mengenai bagaimana alam bekerja serta berinteraksi dengan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial di bumi. Berdasarkan dari penting dan luhurnya tujuan IPAS tersebut, sudah sepatutnya IPAS menjadi mata pelajaran yang diutamakan dan dioptimalkan pada proses pembelajaran di sekolah. Kenyataannya minat peserta didik terhadap IPAS sangat diminati oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, didapatkan bahwa guru masih belum sepenuhnya mampu menggunakan media berbasis teknologi dalam pembelajaran IPAS guna menarik minat belajar siswa. Hal tersebut selaras dengan siswa yang merasa kurang tertarik atau merasa bosan dengan media yang digunakan dalam mata pelajaran yang diminati. Hasil observasi pembelajaran juga menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran masih kurang menarik dan dioptimalkan. Tujuan penelitian ini yakni, mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran pop up book digital pada materi IPAS kelas IV bab 6 topik B Indonesiaku Kaya Budaya di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo, serta kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan penelitian, namun pada pelaksanaannya hanya pada tahap kedelapan. Kedelapan tahap yang dilakukan yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan produk, revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo pada semester ganjil 2024/2025 dengan subjek penelitian kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas Kontrol. Metode dan instrumen yang digunakan yakni, wawancara, observasi, tes, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi ahli, uji validitas empirik, uji reliabilitas, uji IDP dan IKES, uji t, uji keefektifan relatif serta analisis data respons peserta didik. Pengembangan produk media pembelajaran pop up book digital pada IPAS kelas IV bab 6 topik B Indonesiaku Kaya Budaya menghasilkan produk yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi ahli menunjukkan skor sebesar 84% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan sebesar 46,6% dengan kategori keefektifan sedang. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor sebesar 92,69% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan yakni, sebaiknya media pembelajaran komik digital dapat diinovasikan lagi, terutama untuk siswa kelas tinggi yang membutuhkan pemahaman materi lebih baik. Uji keefektifan juga dapat dilakukan tidak hanya mengukur ranah kognitif, tapi juga afektif dan psikomotor. Produk juga dapat dikembangkan dalam berbagai materi lainnya.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128446
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi repository Sabila Maghfirah 200210204060.pdf
  Until 2030-02-20
Sabila Maghfirah_2002102040603.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools