Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128442
Title: Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kombinatorik dan Self Efficacy pada Materi Permutasi Siswa Kelas XII
Authors: IMTIHANA, Fajrin
Keywords: Kemampuan berpikir kombinatorik
Self Efficacy
Permutasi
Issue Date: 30-Sep-2024
Publisher: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Matematika berperan sebagai alat bantu dan pendukung ilmu, yang tidak hanya berperan untuk matematika itu sendiri tetapi untuk ilmu lainnya. Matematika adalah ilmu yang dapat berdiri sendiri tanpa bergantung pada bidang ilmu lainnya, namun banyak disiplin ilmu lain yang memerlukan matematika. Misalnya fisika, kimia, dan biologi sangat bergantung pada konsep matematika, begitu pula bidang seni yang menggunakannya, seperti penentuan ukuran kanvas untuk melukis, dan berbagai hal lainnya. Salah satu kemampuan yang menjadi peran penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan berpikir kombinatorik. Ada banyak materi dalam matematika yang berkaitan dengan kombinatorika, salah satunya adalah permutasi. Kemampuan berpikir kombinatorik memberikan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien, adapun faktor internal menjadi faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa terutama rasa percaya diri yang dimiliki oleh siswa. Self Efficacy merupakan salah satu aspek yang penting dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Self Efficacy siswa dapat menjadikan semangat siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan tidak putus mudah asa saat mengalami kegagalan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kemampuan berpikir kombinatorik dan kepercayaan diri siswa perlu ditingkatkan secara seimbang, agar hasil belajar dan prestasi menjadi maksimal. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu mencari hubungan antara kemampuan berpikir kombinatorik dan self efficacy pada materi permutasi. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasi. Metode penelitian korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel yang diteliti, yaitu kemampuan berpikir kombinatorik dan self efficacy. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri Senduro, kab Lumajang pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pada penelitian ini kelas yang yang dijadikan sampel adalah kelas XII-4 sebanyak 28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan tes kemampuan berpikir kombinatorik dan angket self efficacy kepada siswa. Data yang didapat selanjutnya diuji hipotesis. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji korelasi spearman rank. Berdasarkan hasil penelitian, distribusi frekuensi kemampuan berpikir kombinatorik sebesar 50% bahwa mayoritas siswa dalam kategori baik dalam menyelesaikan pemecahan masalah materi permutasi, dan distribusi frekuensi self efficacy sebesar 50% bahwa mayoritas siswa dalam kategori sedang dalam hal percaya diri. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan berpikir kombinatorik dan self efficacy pada materi permutasi siswa kelas XII SMA Negeri Senduro, dengan hasil korelasi spearman rank 0,608 dalam kategorik sedang. Namun dari pembahasan hasil dari korelasi di atas, terdapat beberapa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kombinatorik yang tinggi namun dengan self efficacy yang rendah, begitu juga sebaliknya.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128442
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY.pdf
  Until 2030-02-19
Fajrin Imtihana_2102101010074.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools