Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128437
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak untuk Mendukung Dimensi Kreatif pada Profil Pelajar Pancasila di SMA
Authors: NAFISAH, Khulya
Keywords: Assemblr EDU – Canva
Pembelajaran berbasis STEM
Model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Issue Date: 24-Jan-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penggunaan media seperti Assemblr EDU - Canva berbasis STEM memberikan peluang baru dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menarik. Teknologi ini mampu membantu siswa dalam memahami konsep secara mendalam, terutama pada mata pelajaran Biologi. Melalui penggunaan teknologi ini, guru dapat menyampaikan materi dengan lebih efektif, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mempersingkat waktu pembelajaran melalui penyajian materi yang menarik dan praktis. Media ini juga memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi konsep abstrak menjadi lebih nyata, sehingga meningkatkan daya serap dan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM pada materi sistem gerak. Penelitian ini berfokus untuk mengevaluasi tingkat validitas media, uji kepraktisan, efektivitas media pembelajaran, serta untuk mengetahui sejauh mana media ini mendukung ketercapaian dimensi kreatif pada Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model ini mencakup lima tahap utama, 1) tahap analisis untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, 2) tahap desain untuk merancang media sesuai kebutuhan, 3) tahap pengembangan untuk menciptakan prototipe media, 4) tahap implementasi untuk menguji coba media pada siswa dan 5) tahap evaluasi untuk menganalisis hasil uji coba dan meningkatkan kualitas media. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, validasi ahli, pengisian angket kepraktisan, serta pengukuran hasil belajar siswa menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi dengan persentase ratarata sebesar 89,26% dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan menunjukkan nilai sebesar 86,24%, yang mengindikasikan bahwa media ini sangat praktis digunakan. Hasil uji efektivitas menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan post-test siswa dengan perhitungan N- Gain menunjukkan hasil 0,73 kategori tinggi yang berarti media ini mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara bermakna. Selain itu, media ini juga terbukti mendukung pengembangan dimensi kreatif dalam Profil Pelajar Pancasila dengan nilai rata- rata 82,2% yang memungkinkan siswa untuk mengintegrasikan konsep-konsep inovatif ke dalam proses belajar mereka. Media Pembelajaran Assemblr EDU - Canva berbasis STEM ini menjadi solusi inovatif untuk mendukung pembelajaran interaktif yang relevan dengan kebutuhan Gen Z.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 24 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128437
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WATERMARK UNEJ.pdf
  Until 2030-02-01
Khulya Nafisah_2102101030045.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools