Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128430
Title: Pengembangan Modul Ekologi Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs dalam Kelas Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka
Authors: MABSUTSAH, Nikmatin
Keywords: STEM
MODUL PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN IPA
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Issue Date: 20-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Heterogenitas peserta didik masih menjadi permasalahan yang kurang mendapatkan perhatian sehingga dapat berdampak pada rendahnya keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan media pembelajaran yang sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik selama proses pembelajaran. Namun, hasil kuesioner guru menunjukkan bahwa modul yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan gaya belajar masing-masing peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar peserta didik adalah mengembangkan modul ekologi STEM terintegrasi dalam kelas berdiferensiasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ekologi berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP/MTs dalam kelas berdiferensiasi kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Kevalidan modul dinilai oleh 2 orang ahli dan 2 orang pengguna. Kepraktisan buku ajar diperoleh dari nilai uji rumpang, respon guru dan siswa, serta keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan modul diperoleh dari hasil kemampuan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar kognitif berupa nilai pretest dan posttest. Uji coba skala terbatas dan skala kelas dilakukan di SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo sedangkan pada tahap penyebaran dilaksanakan di 3 sekolah yaitu di SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo, SMPN 3 Banyuputih, dan MTs Almarhamah Jember. Hasil penelitian meliputi hasil uji validasi, uji kepraktisan, dan uji keefektifan modul. Uji validasi berupa rerata hasil validasi modul sebesar 90,21 dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan berupa rerata hasil observasi keterlaksanaan pada uji skala kelas yaitu 90,76 dengan kriteria sangat valid. Rerata hasil uji rumpang pada uji skala kelas yaitu 91 dengan kriteria sangat praktis. Kemudian, uji kefektifan berupa rerata hasil N-gain keterampilan berfikir kreatif pada uji skala kelas yaitu 0,87. Rerata hasil N-gain hasil belajar pada uji skala kelas yaitu 0,92 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ekologi berbasis STEM dalam kelas berdiferensiasi sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa SMP.
Description: Validasi_firli_6_Oktober_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 20 Oktober 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128430
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nikmatin Mabsutsah repo.pdf
  Until 2028-07-20
2.65 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools