Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128423| Title: | Pengaruh Model Brain-Based Learning dengan Media ClassDojo pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif siswa SMA |
| Authors: | KAHFI, Shohibul |
| Keywords: | Brain-Based Learning ClassDojo Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Keterampilan Berpikir Kreatif Minat Belajar |
| Issue Date: | 28-Feb-2025 |
| Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
| Abstract: | Pembelajaran abad ke-21 yang merupakan konsep pendidikan yang menyesuaikan diri dengan tuntutan teknologi dan perkembangan zaman. Terdapat tiga kompetensi besar yang ada pada abad ke-21 yaitu life and career skills, learning and innovation skills (4Cs), dan information media and technology skills. Pembelajaran abad ke-21 yang merupakan konsep pendidikan yang menyesuaikan diri dengan tuntutan teknologi dan perkembangan zaman. Perlombaan pendidikan dengan teknologi akan terus berkembang dan terus beradaptasi karena pendidikan yang terlambat dari teknologi maka produktivitas akan menurun. Permasalahan utama pembelajaran dari siswa adalah kurangnya minat belajar dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif. Selain itu, selama beberapa dekade terakhir, iklim pendidikan dipenuhi banyak pembunuh kreatifitas guru dan siswa karena menganggap nilai ujian adalah segalanya yang berakibat tidak ada ruang untuk melatih kreatifitas. Kurangnya minat dan keterampilan berpikir kreatif dapat diatasi dan dibantu dengan penerapan model Brain-Based Learning (BBL). BBL adalah cara belajar yang disesuaikan dengan kemampuan otak secara alamiah. Model BBL meningkatkan minat dan kreatifitas siswa sehingga membantu siswa untuk memahami materi yang sulit. Materi sistem peredaran darah tergolong sulit karena siswa banyaknya istilah dan kurangnya visualisasi yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Materi sistem peredaran darah yang sulit dapat dipahami lebih mudah dengan penggunaan media aplikasi ClassDojo karena ada visualisasi interaktif dan inovatif. ClassDojo membantu siswa untuk meningkatkan minat belajar, interaksi, dan senang di waktu yang sama. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan ClassDojo sebagai virtual class yang terbukti dapat mendukung 4C skills yaitu kreativitas dalam pembelajaran abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Model Brain-Based Learning dengan Media ClassDojo pada Materi Sistem Peredaran Darah terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kalisat Jember pada semester Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel penelitian yang digunakan terdapat 2 kelas yaitu, kelas XI-5 sebagai kelas kontrol dan XI-4 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ANAKOVA untuk minat belajar dan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan SPSS 24. Hasil minat belajar siswa pada kelas kontrol setelah penelitian memiliki rata-rata 76,28 dengan kategori sangat baik dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,94 dengan kategori sangat baik. Hasil uji ANAKOVA minat belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0,041 (<0,05). Hasil keterampilan berpikir kreatif kelas kontrol setelah penelitian memiliki rata-rata sebesar 74,11 dengan kategori kreatif. Sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 82,32 dengan kategori sangat kreatif. Berdasarkan hasil uji ANAKOVA keterampilan berpikir kreatif diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 (<0,05). Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan bahwa model Brain-Based Learning menggunakan media ClassDojo memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. |
| Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Oktober 2025_Kurnadi |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128423 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| doc_Shohibul Kahfi.pdf Until 2030-03-10 | Shohibul Kahfi_200210103111 | 964.68 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools