Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128360
Title: Pengaruh Religiusitas, Literasi Keuangan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia pada Mahasiswa Universitas Jember
Authors: 

ISMAIL, Dian
Keywords: Religiusitas
Literasi Keuangan
Kualitas Pelayanan
Minat Menabung
Issue Date: 13-Jun-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar didunia. Banyaknya penduduk muslim di indonesia dapat mempengaruhi perkembangan bank syariah setiap tahunnya. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia juga ditunjukkan dengan berdirinya Bank Syariah Indonesia yang merupakan hasil merger dari tiga bank dengan tujuan menjadikan bank syariah terbesar, menjadi barometer market di Indonesia dan mempunyai daya saing global. Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank syariah yang diresmikan pada 1 februari 2021 dengan total aset sebesar 240 triliun rupiah dan menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia pada mahasiswa Universitas Jember. Penelitian ini merupakan jenis explanatory research yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 35.036 mahasiswa Universitas Jember, dan yang terpilih menjadi sampel sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu purposive sampling dan untuk metode analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis (uji t) variabel independen secara parsial berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,019 lebih kecil dari 0,05 (5%), literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukkan dengan signifikansi 0,043 lebih kecil dari 0,05 (5%), kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 (5%). Sedangkan hasil uji hipotesis (uji F) menunjukkan bahwa variabel religiusitas, literasi keuangan, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap minat menabung.
Description: Validasi_firli_6_Oktober_25 :: Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Oktober 2025_Kurnadi::
Finalisasi oleh Taufik Tgl 17 Oktober 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128360
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
REPOSITORY SKRIPSI DIAN ISMAIL.pdf
  Until 2028-08-16
DIAN ISMAIL_1808101020331.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools