Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128341
Title: Penerapan Behavior Tree pada Non-playable Character dalam Game Side Scroller
Other Titles: Behavior Tree Implementation to Non-playable Character in Side Scroller Game
Authors: RAMADHAN, Muhammad Khatam
Keywords: Behavior Tree
Non-Playable Character (NPC)
Issue Date: 22-Oct-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Penelitian ini membahas penerapan Behavior Tree (BT) pada Non-Playable Character (NPC) dalam game bergenre sidescroller. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan NPC dengan memberikan kemampuan pengambilan keputusan (decision-making) secara dinamis, sehingga dapat menciptakan pengalaman bermain yang lebih interaktif dan menantang. Dua jenis NPC dikembangkan dalam penelitian ini: NPC tanpa Behavior Tree (cripted NPC) dan NPC dengan Behavior Tree. Implementasi BT memungkinkan NPC untuk merespons lingkungan berdasarkan prioritas tindakan yang terstruktur secara hierarkis, seperti menyerang, bertahan, atau mengikuti pemain. Pengujian dilakukan untuk memastikan implementasi BT bekerja sesuai yang diharapkan. Hasilnya menunjukkan bahwa NPC dengan Behavior Tree memiliki perilaku yang lebih adaptif dan responsif dibandingkan NPC tanpa decision-making. Selain itu, penelitian ini juga menguji perbedaan perilaku antara Friendly NPC, Normal Enemy NPC, dan Ranged Enemy NPC yang masing-masing memiliki prioritas dan aksi yang berbeda sesuai kondisi permainan.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Oktober 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128341
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2030-10-07
Muhammad Khatam Ramadhan_2024101030782.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools