Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128335
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHABIBI, Ahmad Anas-
dc.date.accessioned2025-10-09T07:47:44Z-
dc.date.available2025-10-09T07:47:44Z-
dc.date.issued2024-07-25-
dc.date.submitted
dc.identifier.nim220220101012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128335-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 9 Oktober 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan berhitung siswa di Indonesia dinilai masih kurang memadai atau cukup rendah dan harus terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa adalah dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian yang dilaksanakan mempunyai tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif khususnya pada materi aritmatika sosial serta mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan. Tahapan 4D Thiagarajan meliputi tahap definisi, desain, pengembangan, dan penerapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pesantren tergolong valid, praktis dan efektif. Tingkat validitas dilihat dari nilai validitas masing-masing modul ajar sebesar 3,47; LKPD sebesar 3,44; tes hasil belajar sebesar 3,32; dan manual sebesar 3,31 (dari skor maksimal 4) termasuk dalam kategori valid. Nilai praktikalitas yang diperoleh dari aktivitas siswa sebesar 90,7% yang berada pada kategori sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,56 yang berarti bernilai tinggi, serta angket respon siswa yang menunjukkan nilai sangat positif. Nilai keefektifan dilihat dari data hasil belajar diperoleh sebesar 87,0% ketuntasan klasikal. Tidak hanya itu efektivitas dilihat dari kemampuan berhitung terhadap peningkatan N-Gain dimana banyak siswa yang berada pada kategori minimal sedang sebesar 95,7%, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan perangkat pembelajaran matematika berbasis pesantren terhadap peningkatan kemampuan berhitung. kemampuan berhitung siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pesantren pada materi aritmatika sosial layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung santri. Kata Kunci: Berhitung, Aritmatika Sosial, Perangkat Pembelajaran Berbasis Pesantrenen_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. DPA: Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectKonteks Pesantrenen_US
dc.subjectNumerasien_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Konteks Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Santrien_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober 2025en_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
tesis repository.pdf
  Until 2030-10-08
AHMAD ANAS HABIBI_2202201010121.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.