Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128117
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorGHIFANI, Cut Putri Aliya-
dc.date.accessioned2025-09-11T02:22:03Z-
dc.date.available2025-09-11T02:22:03Z-
dc.date.issued2025-01-31-
dc.identifier.nim221510601142en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128117-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 September 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPentingnya memahami preferensi dan kepuasan konsumen terhadap atribut beras karena konsumen mempertimbangkan dan memerhatikan atribut-atribut ini sebelum melakukan pembelian, sesuai dengan kebutuhan mereka untuk mencapai kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pereferensi dan kepuasan konsumen rumah tangga terhadap pembelian beras kemasan di Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan analitik dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling masing-masing 30 respoden untuk Pasar Tanjung dan Golden Market Jember. Sampel memiliki kriteria konsumen wanita yang telah menikah. Analisis data menggunakan analisis konjoin, Customer Satisfaction Index (CSI) dan Important Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian diketahui beras kemasan yang menjadi preferensi konsumen di Kabupaten Jember adalah beras kemasan yang mempunyai kualitas premium, bertekstur sangat pulen, berwarna putih gading, berukuran kemasan 2,5 kg, harga dibawah Rp. 12.000/kg, dan berlokasi di pasar modern. Urutan atribut beras kemasan yang paling dipertimbangkan adalah kemasan, harga, kualitas, lokasi pembelian, tekstur dan warna. Sedangkan tingkat kepuasan konsumen terhadap pembelian beras kemasan pada pasar modern tergolong dalam kategori sangat puas yaitu sebesar 84.74. Sedangkan, pada pasar tradisional tergolong dalam kategori puas yaitu sebesar 80.91. Hasil perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa kinerja yag dianggap penting namun memiliki kinerja yang rendah oleh responden adalah kualitas, sehingga harus ditingkatkan lagi.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Ir. Dr. Soetriono, MP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pertanianen_US
dc.subjectKepuasan Konsumenen_US
dc.subjectBeras Kemasanen_US
dc.subjectPreferensi Konsumenen_US
dc.titlePreferensi dan Kepuasan Konsumen Rumah Tangga Terhadap Pembelian Beras Kemasan di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAgribisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Ir. Soetriono, MP.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Cut Putri Aliya Ghifani.pdf
  Until 2030-03-19
Cut Putri Aliya Ghifani_2215106011421.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools