Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128001
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHANIM, Sefina Vamelia-
dc.date.accessioned2025-08-28T23:03:53Z-
dc.date.available2025-08-28T23:03:53Z-
dc.date.issued2023-09-08-
dc.identifier.nim190210101015en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128001-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 29 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractProses pemecahan masalah numerasi merupakan gambaran tentang bagaimana proses siswa dalam menyelesaikan masalah numerasi dengan menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki. Proses pemecahan masalah numerasi dianalisis dengan melihat jawaban pemecahan masalah numerasi siswa berdasarkan tahapan Polya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah numerasi siswa kelas VIII MTs berdasarkan tahapan Polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 siswa kelas VIII di salah satu MTs di Kota Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu masalah numerasi dan pedoman wawancara. Kedua instrumen telah dinyatakan valid dengan V_a=3,81 untuk masalah numerasi dan V_a=3,84 untuk pedoman wawancara. Pengambilan data dilakukan pada Mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahap memahami masalah, siswa membaca masalah numerasi berulang kali hingga dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, serta merepresentasikan masalah dengan cara mengubah informasi pada masalah numerasi menjadi bentuk pemisalan variabel dan model matematika. Pada tahap menyusun rencana, ada yang secara langsung dapat menentukan metode dan rencana setelah membaca masalah numerasi secara berulang dengan teliti, namun ada juga yang mencoba-coba di kertas lain dahulu hingga dapat menyusun rencana dengan tepat. Pada tahap melaksanakan rencana, siswa mengaitkan rencana penyelesaian serta informasi diketahui dan ditanyakan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa, yaitu metode campuran atau substitusi SPLDV dan rumus diskon. Pada tahap memeriksa kembali, siswa cenderung mengecek kebenaran jawaban dengan mensubstitusikan setiap nilai variabel ke dalam model matematika.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectNUMERASIen_US
dc.subjectSISTEM PERSAMAAN LINEARen_US
dc.titleProses Pemecahan Masalah Numerasi Tipe Uraian pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Polyaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SEFINA VAMELIA HANIM_190210101015.pdf
  Until 2028-09-08
1.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools