Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127988
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAULIA, Winda Ahsanal-
dc.date.accessioned2025-08-28T04:50:36Z-
dc.date.available2025-08-28T04:50:36Z-
dc.date.issued2023-08-10-
dc.identifier.nim182310101150en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127988-
dc.descriptionValidasi_firli_14_agustus_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 28 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractKemajuan teknologi berkembang pesat baik didaerah perkotaan maupun pedesaan yang daerahnya masih banyak lahan pertanian, dimana saat ini orang dewasa bahkan anak-anak memiliki handphone dan salah satunya digunakan sebagai media bermain game online (Arham dan Agustang, 2021). Game dinikmati oleh banyak kelompok umur yang berbeda, mereka tidak hanya populer di kalangan remaja, bahkan anak-anak yang berumur 3 tahunpun telah ada yang mengenal macam-macam jenis game. Dikalangan para pelajar ataupun anak muda lainnya game online merupakan wadah dalam mencari kesenangan dan kepuasan tertentu. Game online berdampak besar bagi penggunanya, salah satunya dapat menyebabkan kecanduan (Surbakti, 2017). Efek atau dampak dari kecanduan game yaitu dapat membuat anak bertindak kasar, suka mencemooh serta dapat kehilangan kendali atas dirinya sendiri. Kecanduan bermain game online pada anak sekolah dapat diatasi dengan adanya pengawasan dari orang tua (Side dkk., 2020). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan bermain game online dengan perilaku agresif pada siswa SDN Pringgowirawan 01 Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional study. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling dengan pendekatan simple random sampling supaya populasi dalam penelitian ini mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Kuesioner yang dipakai pada penelitian ini yaitu tentang game online dan perilaku agresif diambil dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Azreen Fida Sariy tahun 2020 dan Merita Ayu Lestari pada tahun 2018. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji spearman rank dengan hasil nilai signifikasi yaitu nilai p value 0,040 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terkait anak yang bermain game online paling banyak berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 69 responden (46%), sedangkan untuk kategori tinggi sebanyak 51 responden (34%) dan kategori paling sedikit yaitu rendah dengan 30 responden (20%). Sedangkan perilaku agresif responden paling banyak berada pada kategori tinggi dengan jumlah siswa 119 (79%) dan kategori sedang sebanyak 31 siswa (21%). Penelitian ini menunjukkan nilai p value 0,040 < 0,05, sedangkan untuk nilai r atau nilai koefisien korelasi yaitu sebesar 0,168. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara bermain game online dengan perilaku agresif pada siswa SDN Pringgowirawan 01 Kabupaten Jember. Tingkat hubungan yang dimiliki dalam penelitian ini yaitu lemah. Hal ini dapat terjadi karena ada faktor lain yang dapat menyebabkan perilaku agresif selain dari bermain game online.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectKEPERAWATAN ANAKen_US
dc.subjectGAME ONLINEen_US
dc.subjectPERILAKU AGRESIFen_US
dc.titleHubungan Bermain Game Online dengan Perilaku Agresif pada Siswa SDN Pringgowirawan 01 Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Peni Perdani Juliningrum, M.Kepen_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Nuning Dwi Merina, S.kep., M.Kepen_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_14_agustus_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Nursing

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Unej_Winda.pdf
  Until 2028-08-10
1.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools