Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127971
Title: | Pengaruh Model PBL Berbasis Engineering Design Process terhadap Keterampilan Berpikir Komputasional Siswa SMP pada Pembelajaran IPA |
Authors: | AMALIA, Nailul |
Keywords: | Keterampilan Berpikir Komputasional Engineering Design Process Model PBL |
Issue Date: | 16-Apr-2025 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model PBL berbasis Engineering Design Process terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa SMP dalam dalam pembelajaran IPA. Keterampilan berpikir komputasional siswa SMP dalam pembelajaran IPA. pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir komputasional kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji-t sisi kanan diperoleh nilai thitung ˃ ttabel (10,374 > 1,998) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima bahwa perbandingan terdapat nilai rata-rata yang lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kelas kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model Model PBL berbasis Engineering Design Process berpengaruh secara signifikan terhadap signifikan terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa SMP dalam pembelajaran IPA. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 25 Agustus 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127971 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository Skripsi.pdf Until 2030-05-08 | Nailul Amalia_210210104095 | 6.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools