Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127963| Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone dengan MIT App Inventor pada Materi Pasar (Studi Kasus Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2024/2025) |
| Authors: | JINGGA, Rona |
| Keywords: | Media Pembelajaran Smartphone Model ADDIE |
| Issue Date: | 20-Jan-2025 |
| Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone yang layak, menarik, dan efektif yang ditujukan bagi peserta didik kelas X di MAN 2 Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini untuk pengembangan adalah model ADDIE. Pada tahap uji kelayakan, terdapat validator untuk materi dan desain. Tahap uji coba kemenarikan kelompok terbatas melibatkan 18 peserta didik kelas X-G, sedangkan uji coba kelompok luas melibatkan 33 peserta didik dari kelas X-H. Tahap uji efektifitas melibatkan 33 peserta didik kelas X-H. Penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. (2) Hasil validasi ahli desain sebesar 98,3% dengan kategori “sangat layak”. (3) Hasil uji kemenarikan media pembelajaran pada kelompok terbatas sebesar 84,4% dengan kategori “cukup menarik”, dan memperoleh 87% dengan kategori “sangat menarik” pada kelompok luas. Selain itu, hasil uji efektivitas memperoleh 58% (cukup efektif). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan layak, menarik dan efektif. Meskipun demikian, perbaikan dan pengujian secara berkala tetap harus dilakukan. |
| Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 25 Agustus 2025_Kurnadi |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127963 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| doc.pdf Until 2030-05-08 | Rona Jingga_200210301009 | 2.45 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools