Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127963
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone dengan MIT App Inventor pada Materi Pasar (Studi Kasus Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2024/2025)
Authors: JINGGA, Rona
Keywords: Media Pembelajaran
Smartphone
Model ADDIE
Issue Date: 20-Jan-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone yang layak, menarik, dan efektif yang ditujukan bagi peserta didik kelas X di MAN 2 Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini untuk pengembangan adalah model ADDIE. Pada tahap uji kelayakan, terdapat validator untuk materi dan desain. Tahap uji coba kemenarikan kelompok terbatas melibatkan 18 peserta didik kelas X-G, sedangkan uji coba kelompok luas melibatkan 33 peserta didik dari kelas X-H. Tahap uji efektifitas melibatkan 33 peserta didik kelas X-H. Penelitian ini mendapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. (2) Hasil validasi ahli desain sebesar 98,3% dengan kategori “sangat layak”. (3) Hasil uji kemenarikan media pembelajaran pada kelompok terbatas sebesar 84,4% dengan kategori “cukup menarik”, dan memperoleh 87% dengan kategori “sangat menarik” pada kelompok luas. Selain itu, hasil uji efektivitas memperoleh 58% (cukup efektif). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan layak, menarik dan efektif. Meskipun demikian, perbaikan dan pengujian secara berkala tetap harus dilakukan.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 25 Agustus 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127963
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2030-05-08
Rona Jingga_2002103010092.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools