Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127935
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSUGIYANTI, Nanik-
dc.date.accessioned2025-08-19T02:00:16Z-
dc.date.available2025-08-19T02:00:16Z-
dc.date.issued2025-07-10-
dc.date.submitted
dc.identifier.nim2220220204031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127935-
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) yang bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) yang disertai media Virtual Reality (VR) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIA dan siswa kelas VIB SD Negeri Ditotrunan 01 sejumlah 56 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIA sejumlah 28 siswa dan kelas VIB sejumlah 28 siswa. Kelas VIA ditentukan sebagai kelas Kontrol dan kelas VIB kelas ditentukan sebagai kelas Eksperimen. Kelas Eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model PBL dengan media Virtual Reality (VR), sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu menggunakan tes dan dinyatakan dalam bentuk nilai/skor yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa. Metode analisis data menggunakan rumus Uji-T. Jenis Uji-T yang digunakan yaitu Independent Sample t-Test dengan software SPSS 27 for windows. Hasil analisis data hasil belajar siswa memperoleh nilai signifikansi (2- tailed) sebesar 0,010 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti H01 ditolak dan H𝑎1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media Virtual Reality (VR) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan media Virtual Reality (VR) terhadap hasil belajar siswa kelas VI mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Selanjutnya diharapkan adanya pengembangan dari peneliti lain untuk meneliti variabel terikat lainnya seperti motivasi belajar siswa, keaktifan siswa, keterampilan kolaborasi, dll yang senada dengan variabel hasil belajar. Hasil analisis data kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yaitu kurang dari 0,05 yang berarti H02 ditolak dan H𝑎2 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media Virtual Reality (VR) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh model PBL dengan media Virtual Reality (VR), terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI mata pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Selanjutnya diharapkan adanya pengembangan dari peneliti lain untuk meneliti variabel terikat lainnya seperti kemampuan berpikir kreatif siswa, keterampilan literasi digital, dll yang senada dengan variabel kemampuan berpikir kritis.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis Siswaen_US
dc.subjectVirtual Realityen_US
dc.subjectSekolah Dasaren_US
dc.titlePengaruh Model PBL disertai Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPAS di Sekolah Dasaren_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rayendra Wahyu Bachtiar, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NANIK SUGIYANTI - 220220204031.pdf
  Until 2030-08-19
1.61 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.