Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127910
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | KANEISHIA, Sabrina | - |
dc.date.accessioned | 2025-08-15T02:57:33Z | - |
dc.date.available | 2025-08-15T02:57:33Z | - |
dc.date.issued | 2025-03-27 | - |
dc.identifier.nim | 210210102094 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127910 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam peningkatannya, agar terwujud pendidikan abad 21 yang maksimal. Pembelajaran abad 21 merujuk pada pendekatan pendidikan yang menekankan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dunia modern, salah satunya pembelajaran fisika. Pembelajaran fisika yang cenderung berpusat pada guru dan kurang melibatkan aktivitas siswa. Materi arus bolak balik menjadi salah satu materi yang dianggap sulit bagi siswa. Keterampilan inferensi yang merupakan bagian penting dari berpikir kritis masih rendah di kalangan siswa. Model pembelajaran yang kurang efektif dapat mempengaruhi pada rendahnya hasil belajar fisika. Oleh karena itu, diperlukan strategi baru yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep, salah satunya melalui penerapan model discovery learning yang didukung oleh alat bantu vee map. Penelitian mengenai model discovery learning dan penggunaan vee map sebagai model pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang di dalamnya terdapat keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan integrasi model discovery learning dengan alat bantu vee map sebagai solusi. Model discovery learning memungkinkan siswa menemukan konsep melalui investigasi aktif, sementara vee map berfungsi sebagai kerangka visual untuk mengorganisasikan pengetahuan konseptual dan prosedural. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh signifikan model discovery learning berbantuan vee map terhadap keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika siswa SMA pokok bahasan arus bolak balik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025 di SMAN Ambulu. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang diperoleh dari uji homogenitas nilai UTS fisika. Setelah dilakukan uji tersebut akan dipilih secara acak dan didapatkan XII SAINSTEK 1 sebagai kelas eskperimen dan XII SAINSTEK 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui posttest untuk mengukur keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika siswa. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil penelitian yang didapat pada keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika dilakukan uji normalitas. Hasil dari uji normalitas menunjukkan kedua data terdistribusi normal. Uji hipotesis selanjutnya dapat dilanjutkan menggunakan uji independent sample T-test untuk mengkaji perbedaan keterampilan inferensi antara kedua kelas tersebut dengan perlakuan yang berbeda. Hasil uji T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari uji Independent sample T-test sebesar 0,006. Nilai signifikansi uji independent sample t-test yang diperoleh dari data hasil belajar fisika yaitu Sig. (2- tailed) sebesar 0,000. Sehingga sesuai dengan ketentuan yang ada jika nilai uji independent sample t-test yang diperoleh <0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hipotesis Ha berarti jika terdapat perbedaan rata-rata keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika pokok bahasan arus bolak balik. Sedangkan hipotesis H0 yaitu jika tidak terdapat perbedaan antara keduanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika siswa SMA kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model discovery learning berbantuan vee map terhadap keterampilan inferensi dan hasil belajar fisika siswa SMA pokok bahasan arus bolak balik. Penerapan model ini menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan interaktif, sehingga siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyarankan agar guru mempertimbangkan penggunaan model discovery learning berbantuan vee map dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi kombinasi model pembelajaran lainnya dengan vee map dalam konteks pendidikan yang berbeda. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Singgih Bektiarso, M. Pd., M.C.E. DPA: Ike Lusi Meilina, S. Pd., M. Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Model Discovery learning | en_US |
dc.subject | Vee Map | en_US |
dc.subject | Keterampilan Inferensi | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Fisika | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Vee Map Terhadap Keterampilan Inferensi dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan Arus Bolak Balik | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Singgih Bektiarso, M. Pd., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ike Lusi Meilina, S. Pd., M. Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SABRINA KANEISHIA_210210102094.pdf Until 2030-03-27 | 5.27 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools