Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127900Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | ANDARINI, Silvia Yusiana | - |
| dc.date.accessioned | 2025-08-14T03:25:25Z | - |
| dc.date.available | 2025-08-14T03:25:25Z | - |
| dc.date.issued | 2025-02-24 | - |
| dc.identifier.nim | 210210102020 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127900 | - |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 14 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Pembelajaran di abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan yang dapat membantu siswa bersaing dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Keterampilan yang perlu dikembangkan adalah 6C (critical thinking, creativity, collaboration, communication, citizenship, character), yang menekankan pembelajaran berpusat pada siswa. Salah satu keterampilan yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas adalah keterampilan berpikir kritis. Menurut hasil wawancara, ditemukan bahwa kurangnya partisipasi aktif siswa selama pembelajaran, seperti jarang bertanya atau menyampaikan pendapat. Hal tersebut menunjukkan belum terlatihnya keterampilan berpikir kritis. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pokok bahasan hukum Newton, karena sifat konsep gaya dan gerak yang cenderung abstrak. Model pembelajaran PjBL yang terintegrasi STEM dinilai dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model PjBL berbasis STEM dalam materi hukum Newton. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cluring, Kabupaten Banyuwangi, pada kelas XI-8 dengan jumlah partisipan sebanyak 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, meliputi tahapan plan, design, prepare, collect, analyze, dan share. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, LKPD, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Kredibilitas data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat indikator berada dalam kategori baik, sedangkan satu indikator masih tergolong kurang. Indikator interpretasi berada pada kategori kurang karena sebagian siswa belum mampu mengidentifikasi masalah pada studi kasus mobil kargo dan mengungkapkan solusinya. Indikator analisis dikategorikan baik, yang terlihat dari kemampuan siswa menghubungkan prinsip hukum Newton dari literatur dengan perancangan mobil kargo agar lebih efisien. Indikator evaluasi juga berada dalam kategori baik, ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengevaluasi desain mobil kargo, memilih alat dan bahan yang sesuai, serta menyusun langkah kerja yang sistematis berdasarkan hasil diskusi. Indikator inferensi termasuk kategori baik, terlihat pada kemampuan siswa menyimpulkan hasil percobaan dan membandingkan dengan prinsip hukum Newton serta faktor yang mempengaruhi hasil. Indikator eksplanasi juga dalam kategori baik, terbukti dari kemampuan siswa menjelaskan kesulitan dalam pembuatan mobil kargo serta merencanakan perbaikan berdasarkan hasil percobaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa melalui model PjBL terintegrasi STEM dapat dianalisis berdasarkan setiap indikator. Indikator analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, menunjukkan hasil yang baik. Namun, indikator interpretasi masih perlu ditingkatkan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Nila Mutia Dewi, S.Pd., M.PFis DPA: Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
| dc.subject | Model PjBL Terintegrasi STEM | en_US |
| dc.subject | Hukum Newton | en_US |
| dc.subject | Keterampilan Berpikir Kritis | en_US |
| dc.title | Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model PjBL Terintegrasi STEM Pada Pokok Bahasan Hukum Newton | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Nila Mutia Dewi, S.Pd., M.PFis | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Albertus Djoko Lesmono, M.Si | en_US |
| dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| doc.pdf Until 2030-02-24 | Silvia Yusiana Andarini_210210102020 | 1.56 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools