Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127876
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorCAHYADEWI, Karina Cindy-
dc.date.accessioned2025-08-12T07:39:08Z-
dc.date.available2025-08-12T07:39:08Z-
dc.date.issued2025-01-10-
dc.date.submitted
dc.identifier.nim230220101003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127876-
dc.descriptionRudy K; Finalisasi oleh Taufik_Alya Tgl 12 Agustus 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) bermuatan aktivitas pertanian dengan kriteria valid, praktis dan efektif yang implementasinya dapat meningkatkan kemampuan numerasi, khususnya pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengikuti model Plomp dengan tiga tahapan. Tahapan pertama, preliminary research melibatkan 26 guru dan calon guru. Tahapan kedua, development or prototyping phase melibatkan 3 pakar dan 3 siswa. Tahapan ketiga, assessment phase dilakukan dengan skema uji coba yang melibatkankan 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini mengkombinasikan metode kuesioner, angket, observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa perangkat pembelajaran RME bermuatan aktivitas pertanian yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Diperoleh kriteria valid dengan skor modul ajar sebesar 3.77, LKPD sebesar 3.81, tes hasil belajar sebesar 3.84, dan buku petunjuk sebesar 3.87. Diperoleh kriteria praktis dengan tercapainya keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, aktivitas siswa sebesar 84.9% atau tergolong aktif, angket respon siswa dan guru menunjukkan respon positif yakni masing-masing sebesar 95.48% dan 100%. Diperoleh kriteria efektif dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0.65 yang termasuk dalam kategori sedang, serta rata-rata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Implikasi dari penelitian ini ialah RME bermuatan aktivitas pertanian dapat menjadi rekomendasi untuk seluruh guru matematika dalam mengajarkan numerasi.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S. Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectREALISTIC MATHEMATICS EDUCATIONen_US
dc.subjectPERANGKAT PEMBELAJARANen_US
dc.subjectNUMERASIen_US
dc.subjectAKTIVITAS PERTANIANen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Bermuatan Aktivitas Pertanian untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasien_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Drs. Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS KARINA REPOSITORY.pdf
  Until 2028-02-19
3.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.