Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127649
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorZEIN, Muhammad Farhan-
dc.date.accessioned2025-08-01T07:03:03Z-
dc.date.available2025-08-01T07:03:03Z-
dc.date.issued2023-07-20-
dc.identifier.nim192410101073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127649-
dc.descriptionValidasi_firli_1_agustus_25; Finansial oleh Taufik_Alya Tgl 1 Agustusen_US
dc.description.abstractMedia sosial dan media online menjadi sumber berita terpopuler di masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, yaitu sekitar 77% penduduk terkoneksi internet, maka hal ini menjadi peluang media online untuk meraup keuntungan. Media online memperoleh pendapatan melalui pemasangan iklan. Perusahaan pengiklan mau memasangkan iklan hanya pada media online yang mempunyai jumlah kunjungan/traffic yang tinggi. Salah satu cara media online meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan teknik clickbait. Clickbait adalah strategi penulisan judul artikel yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca agar mengklik dan membaca artikel tersebut. Strategi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa yang menarik sehingga memunculkan rasa penasaran pada pembaca. Artikel yang menggunakan clickbait cenderung mengecewakan pembaca dikarenakan isi konten yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam judul. Efek berita clickbait begitu berbahaya karena berpotensi menjadi berita bohong atau hoax yang dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fenomena penggunaan clickbait di media online Indonesia. Untuk menganalisis fenomena penggunaan clickbait, maka diperlukan pengklasifikasian berita clickbait terlebih dahulu. Dalam penelitian ini pengklasifikasian dilakukan menggunakan machine learning. Model machine learning yang digunakan adalah IndoBERT yang memperoleh skor accuracy dan f1-score di angka 92%. Hasil analisis menunjukkan persentase penggunaan clickbait pada media online Indonesia dari tahun 2020 hingga 2023 awal sebesar 35%. Dari rentang waktu tersebut pula tren penggunaan clickbait cenderung mengalami kenaikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectCLICKBAITen_US
dc.subjectMODEL INDOBERTen_US
dc.subjectWEB SCRAPINGen_US
dc.subjectMACHINE LEARNINGen_US
dc.titleAnalisis Fenomena Clickbait pada Situs Berita Online Menggunakan Model IndoBERTen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Achmad Maududie, ST., M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad ‘Ariful Furqon, S.Pd., M. Kom.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_1_agustus_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-07-31
1.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools