Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127594
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSALSA BILLA, Attika-
dc.date.accessioned2025-07-30T07:10:22Z-
dc.date.available2025-07-30T07:10:22Z-
dc.date.issued2025-01-06-
dc.date.submitted
dc.identifier.nim210220104020en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127594-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 5 Agustus 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan sosial abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan oleh guru. Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran dalam skor yang diperoleh dari hasil tes. Media 3D adalah media pembelajaran yang dapat menjadi solusi terkait dengan upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran protein synhesis kit box 3D model audio visual berbasis STEM menggunakan model pembelajaran TGT terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tanggul. Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas XII MIPA semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan data hasil kuesioner kolaborasi siswa di uji one way ANOVA menunjukkan nilai sig < 0.05 dengan hipotesis H0 ditolak, maka dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara tanpa menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM. Kemudian data hasil belajar siswa di uji one way ANOVA kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai sig < 0.05 hipotesis H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara antara kelas tanpa menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D. DPA: Dr. Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectModel Pembelajaran TGTen_US
dc.titleEfektivitas Media Pembelajaran Protein Synthesis KIT Box 3D Audio Visual Berbasis STEM Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.Een_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Attika Salsa Billa_Repository.pdf
  Until 2029-02-19
ATTIKA SALSA BILLA_2102201040201.23 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.