Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127594
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SALSA BILLA, Attika | - |
dc.date.accessioned | 2025-07-30T07:10:22Z | - |
dc.date.available | 2025-07-30T07:10:22Z | - |
dc.date.issued | 2025-01-06 | - |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.nim | 210220104020 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127594 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Agustus 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan sosial abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan oleh guru. Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran dalam skor yang diperoleh dari hasil tes. Media 3D adalah media pembelajaran yang dapat menjadi solusi terkait dengan upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran protein synhesis kit box 3D model audio visual berbasis STEM menggunakan model pembelajaran TGT terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tanggul. Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas XII MIPA semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan data hasil kuesioner kolaborasi siswa di uji one way ANOVA menunjukkan nilai sig < 0.05 dengan hipotesis H0 ditolak, maka dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara tanpa menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM. Kemudian data hasil belajar siswa di uji one way ANOVA kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai sig < 0.05 hipotesis H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara antara kelas tanpa menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D. DPA: Dr. Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | STEM | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran TGT | en_US |
dc.title | Efektivitas Media Pembelajaran Protein Synthesis KIT Box 3D Audio Visual Berbasis STEM Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Supeno, S.Pd., M.Si., M.C.E | en_US |
dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Attika Salsa Billa_Repository.pdf Until 2029-02-19 | ATTIKA SALSA BILLA_210220104020 | 1.23 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.