Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127551
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SEPTICA, Shike Wenna | - |
dc.date.accessioned | 2025-07-28T15:06:04Z | - |
dc.date.available | 2025-07-28T15:06:04Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-27 | - |
dc.identifier.nim | 160110401005 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127551 | - |
dc.description | Validasi_firli_24_Juli_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 28 Juli 2025 | en_US |
dc.description.abstract | Di kehidupan masyarakat modern, film telah menjadi media yang sangat penting dengan mengemas fenomena sosial dalam bentuk cerita, gambar, kata-kata, dan musik. Seperti teori McLuhan yang menyatakan bahwa film memiliki kemampuan untuk memperluas pengalaman manusia, sebab film telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat berbudaya maju. Dalam konteks ini, film tidak hanya menjadi media hiburan semata, tetapi juga memiliki potensi yang kuat untuk mengkomunikasikan pesan-pesan sosial, membangun kesadaran, dan merangsang refleksi tentang isu-isu yang relevan Pada penelitian ini, penulis menggunakan teori sinematografi oleh Joseph V. Mascelli dengan mengusung konsep Female Gaze berupa objek film Hala. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wujud visualisasi Female Gaze pada film Hala untuk merepresentasikan pengalaman hidup tokoh utama Hala. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif tipe deskriptif untuk memperoleh pemahaman dan gambaran fenomena melalui deskripsi yang terkait dengan Female Gaze pada unsur sinematografi. Dalam film Hala, Female Gaze dapat dilihat melalui banyaknya sudut pandang subjektif melalui beberapa unsur sinematografi yang dapat mengarahkan perhatian penonton di tiap adegan atau momen-momen yang relevan berupa pengalaman hidup tokoh Hala, pada akhirnya dapat menciptakan Female Gaze yang kuat. Dengan demikian, penonton dapat ikut merasakan dan memahami sudut pandang perempuan yang khas dan empatik lewat gambar-gambar yang ditampilkan dalam film Hala. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Budaya | en_US |
dc.subject | ANALISIS FILM | en_US |
dc.subject | SINEMATOGRAFI | en_US |
dc.subject | FEMALE GAZE | en_US |
dc.subject | FILM HALA | en_US |
dc.title | Female Gaze pada Film Hala (2019) melalui Analisis Unsur Sinematografi Joseph V. Mascelli | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Televisi dan Film | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Denny Antyo Hartanto, S.Sn., M.Sn. | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_24_Juli_25 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SHIKE WENNA SEPTICA_2016.pdf Until 2028-06-27 | 857.63 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools