Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127476
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas IV SDN Patrang 1 Jember |
Authors: | SARI, Cindy Indah |
Keywords: | Think Pair Share (TPS) Sikap Sosial Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka |
Issue Date: | 6-Jan-2025 |
Publisher: | Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap nilai sikap sosial pada unit 2 mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Patrang 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Teknik analisis data dilakukan dengan uji-t sampel terpisah menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sebanyak 19,1% antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai thitung > ttabel (14,759 > 2.008). Rata-rata nilai sikap sosial kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai sikap sosial siswa. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127476 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Cindy Indah Sari_190210204011_repository.pdf Until 2030-01-06 | 3.04 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools