Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127463
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUNFA’ATIN, Rizqi Annisah-
dc.date.accessioned2025-07-18T03:05:02Z-
dc.date.available2025-07-18T03:05:02Z-
dc.date.issued2025-01-25-
dc.identifier.nim200210101053en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127463-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan supervised learning khususnya K-NN untuk memprediksi IPK dan masa studi mahasiswa FKIP dengan menganalisis fitur, seperti NIM, IPK, masa studi, SKS, dan Program Studi. Proses pengambilan data dimulai dengan wawancara dan dokumentasi bersama staff akdemik FKIP, serta penyebaran angket secara online, menghasilkan 2.827 records data wisudawan dan 162 records data mahasiswa terkait IPK, masa studi, dan hambatan yang dialami. Setelah proses pembersihan data, prediksi menggunakan K-NN dengan bantuan bahasa pemrograman phyton dipilih karena kesederhanaannya dalam klasifikasi kedekatan jarak seperti Euclidean. Model menunjukkan performa terbaik pada nilai k tertentu, dengan akurasi optimal untuk memprediksi lama studi dan IPK. Prediksi masa studi mahasiswa FKIP menghasilkan akurasi 93.40%, recall 93.40%, precision 92,77%, dan F1-score 92,99%. Prediksi IPK mahasiswa FKIP menghasilkan akurasi 94,94%, recall 94,94%, precision 94,40%, dan F1-score 94,64%. Prediksi masa studi mahasiswa Pendidikan matematika menghasilkan akurasi 93,06%, recall 93,06%, precision 91,53%, dan F1-score 92,05%. Prediksi IPK mahasiswa Pendidikan matematika menghasilkan akurasi 91,64%, recall 91,64%, precision 92,06%, dan F1score 91,78%. Evaluasi menunjukkan model K-NN dapat diandalkan dengan prediksi akurat dan konsisten. Persentase mahasiswa FKIP dengan masa studi tepat waktu sebanyak 0.47%, cepat sebanyak 39.22%, terlambat satu semester sebanyak 2%, terlambat dua semester sebanyak 1.65% dan terlambat 3 semester atau lebih sebanyak 56.65%. Persentase mahasiswa pendidikan matematika dengan masa studi cepat sebanyak 55.56%, terlambat satu semester sebanyak 41.67%, dan terlambat dua sebanyak 2.78%. Persentase mahasiswa FKIP dengan IPK dengan kategori A sebanyak 81.51%, dan AB sebanyak 18.49%. Persentase mahasiswa pendidikan matematika dengan IPK dengan kategori AB sebanyak 69.44%, dan B sebanyak 30.56%. Secara keseluruhan, K-NN menunjukkan kinerja baik dalam memprediksi IPK dan masa studi, sehingga dapat digunakan sebagai alat pendukung akademik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectSupervised Learningen_US
dc.subjectK-NNen_US
dc.subjectPrediksi IPKen_US
dc.subjectPrediksi Masa Studien_US
dc.titleImplementasi Algoritma Supervised Learning untuk Memprediksi Lama Masa Studi dan IPK Mahasiswa FKIP Universitas Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Rafiantika Megahnia Prihandini, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository_rizqi_annisah_fkip_200210101053.pdf
  Until 2030-02-14
2.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools