Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127453
Title: | Pengaruh Model Pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa SMA |
Authors: | MA’RIFAH, Iqna’ul |
Keywords: | Self Directed Learning (SDL) Mind Mapping Kemampuan pemecahan masalah hasil belajar |
Issue Date: | 17-Oct-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
Abstract: | Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pendidikan berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga bisa menangkap materi pelajaran secara lebih baik. Model pembelajaran konvensional belum memberikan pengaruh yang maksimal terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Self-Directed Learning Berbantuan Mind Mapping dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) berbantuan Mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen serta menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang diberi treatment ialah 74 sedangkan pada kelas yang tidak diberi treatment ialah 57,19. Pada variabel hasil belajar kelas yang diberi treatment mendapat nilai rata-rata 70,76 sedangkan kelas yang tidak mendapat treatment ialah 53,75. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan model Self-Directed Learning berbantuan Mind mapping memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127453 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2029-10-14 | Iqna’ul Ma’rifah_200210303061 | 1.13 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools