Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127453
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMA’RIFAH, Iqna’ul-
dc.date.accessioned2025-07-18T01:54:44Z-
dc.date.available2025-07-18T01:54:44Z-
dc.date.issued2024-10-17-
dc.identifier.nim200210303061en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127453-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractModel pembelajaran yang diterapkan dalam proses pendidikan berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi siswa sehingga bisa menangkap materi pelajaran secara lebih baik. Model pembelajaran konvensional belum memberikan pengaruh yang maksimal terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Self-Directed Learning Berbantuan Mind Mapping dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) berbantuan Mind mapping terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen serta menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang diberi treatment ialah 74 sedangkan pada kelas yang tidak diberi treatment ialah 57,19. Pada variabel hasil belajar kelas yang diberi treatment mendapat nilai rata-rata 70,76 sedangkan kelas yang tidak mendapat treatment ialah 53,75. Menurut hasil uji hipotesis yang telah dilakukan didapatkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan model Self-Directed Learning berbantuan Mind mapping memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si DPA: Bejo Apriyanto S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectSelf Directed Learning (SDL)en_US
dc.subjectMind Mappingen_US
dc.subjectKemampuan pemecahan masalahen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-10-14
Iqna’ul Ma’rifah_2002103030611.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools