Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127441
Title: | Pengembangan E-LKPD Berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada Materi Prisma untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri |
Authors: | YULIYANTI, Kholifatul |
Keywords: | E-LKPD GeoGebra Augmented Reality Prisma Kemampuan Geometri |
Issue Date: | 31-Jan-2025 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya geometri dalam pembelajaran matematika SMP yang memiliki porsi terbesar (41%) dibandingkan materi lainnya. Namun, kemampuan geometri peserta didik masih menjadi tantangan dalam penguasaannya, terlihat dari hasil penyelesaian soal geometri yang masih tergolong rendah pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi yang hanya mencapai 17,65%. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman prinsip-prinsip geometri yang mengakibatkan peserta didik melakukan kesalahan saat menyelesaikan permasalahan geometri. Pengembangan bahan ajar menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma. GeoGebra dipilih karena menyediakan fitur visualisasi geometri 2D dan 3D, sedangkan Augmented Reality berguna untuk memvisualisasikan bentuk prisma secara 3D yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang melalui smartphone pada aplikasi GeoGebra 3D Calculator, sehingga membantu peserta didik memahami bentuk, unsur-unsur, jaring-jaring, luas permukaan, dan volume prisma secara lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma untuk meningkatkan kemampuan geometri peserta didik yang valid, praktis, dan efektif di SMP Negeri 4 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define) meliputi analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, tahap perancangan (design) meliputi pemilihan media berupa GeoGebra Book, pemilihan format, dan rancangan awal, kemudian tahap pengembangan (develop) yang meliputi tahap validasi oleh dua dosen program studi Pendidikan Matematika serta guru dan uji coba kelompok kecil kepada peserta didik kelas IX A untuk menguji keefektifan dan kepraktisan ELKPD, kemudian tahap terakhir setelah produk E-LKPD dan instrumen valid, praktis, dan efektif adalah tahap penyebaran (disseminate) yang dilakukan dengan menyebarkan E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality pada materi prisma di sekolah SMPN 4 Jember serta akan dipublikasikan pada halaman web GeoGebra peneliti, YouTube, dan media sosial lainnya. Subjek penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas IX A yang mengakses E-LKPD secara online menggunakan kombinasi laptop dan smartphone, dengan penyesuaian yang dilakukan untuk memastikan efektivitas pembelajaran bagi seluruh peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes yaitu pre-test dan post test. Pre-test diberikan sebelum peserta didik menggunakan ELKPD. Setelah pre-test, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan E-LKPD yang dikembangkan dan dikerjakan secara berkelompok. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan post-test untuk mengukur kemampuan geometri akhir peserta didik. Selanjutnya, peserta didik mengisi angket respon melalui Liveworksheets untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap penggunaan E-LKPD. Data pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik berbantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar E-LKPD yang dikembangkan: (1) Valid, yang divalidasi oleh 3 validator dengan koefisien validitas 3,66, (2) Praktis dengan rata-rata total 3,29 (82,33%), dan (3) Efektif, berdasarkan uji statistik dengan uji wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test kemampuan geometri peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbantuan GeoGebra dengan Augmented Reality yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran matematika pada materi prisma dan efektif untuk meningkatkan kemampuan geometri peserta didik. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Juli 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127441 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Kholifatul Yuliyanti_210210101083_Pendidikan Matematika.pdf Until 2030-03-12 | 3.37 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools