Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127330
Title: | Pengaruh Model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Baamboozle terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Pendidikan Pancasila Kelas II SD Negeri Pulo 01 Lumajang |
Authors: | SAFITRI, Dian Indah |
Keywords: | Game Based Learning (GBL) Baamboozle Student Engagement Mapel Pendidikan Pancasila |
Issue Date: | 23-Jan-2025 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar dalam proses pembelajaran harus menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center). Dalam paradigma student center guru berperan sebagai fasilitator untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan. Penelitian terdahulu memperlihatkan bahwa model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Baamboozle mampu meningkatkan minat belajar, motivasi intrinsik, kemandirian, kreatifitas, kolaboratif dan prestasi siswa sehingga meningkatkan student engagement dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbatuan bamboozle diyakini akan berpengaruh dalam menghasilkan student engagement dan hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01? 2) adakah pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement dan hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan model Pretest dan Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik sensus/sampling total yang berjumlah 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner student engagement dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data memakai uji-t (Independent Sample T-test) dengan menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) posttest student engagement kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,48 sedangkan pada kelas control memperoleh nilai rata-rata 79,24; 2) posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,80 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,80. Hasil analisis uji t pada posttest student engagement diperoleh nilai ttabel dengan df=48 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,011. Nilai thitung menunjukkan angka positif maka thitung > ttabel (2,884 > 2,011) dan pada sig. (2- tailed) diperoleh sig. 0,006 (0,006 < 0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka Ha diterima menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement. Hasil analisis uji-t pada posttest hasil belajar diperoleh nilai ttabel dengan df=48 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,011. Nilai thitung menunjukkan angka positif maka thitung > ttabel (3,420 > 2,011) dan pada sig. (2-tailed) diperoleh sig. 0,001 (0,001 < 0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka Ha diterima menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa student engagement dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle lebih baik dari pada kelas kontrol yang diberi perlakuan model cooperative learning tipe STAD. Simpulan hasil penelitian adalah ada pengaruh signifikan perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement dan hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01 Lumajang. Saran penelitian untuk pendidik diharapkan mampu menggunakan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle untuk meningkatkan student engagement dan hasil belajar siswa |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127330 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TESIS_DIAN INDAH SAFITRI_220220204012.pdf Until 2030-02-17 | 1.33 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.