Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127325
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAMALIAH, Laily Nur-
dc.date.accessioned2025-07-14T04:15:31Z-
dc.date.available2025-07-14T04:15:31Z-
dc.date.issued2025-01-23-
dc.date.submitted
dc.identifier.nim220220104017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127325-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPengembangan keterampilan kreativitas ilmiah siswa merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan sains, karena dapat menumbuhkan pemahaman konseptual dan keterampilan berpikir kritis yang sesuai dengan tantangan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Pembelajaran Kolaboratif Ilmiah untuk meningkatkan keterampilan kreativitas ilmiah siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Nieveen, yang meliputi serangkaian tahapan yaitu studi pendahuluan, desain, uji terbatas, revisi, uji lapangan, dan diseminasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dari dua sekolah di Kabupaten Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SCL menunjukkan tingkat validitas sebesar 94,05%, yang dikategorikan sebagai “Sangat valid”. Efektivitas model dalam meningkatkan kemampuan kreativitas ilmiah siswa dibuktikan dengan nilai N-gain sebesar 0,71 pada uji coba kelas kecil yang termasuk dalam kategori sedang, 0,68 pada uji coba kelas besar yang juga termasuk dalam kategori sedang, dan 0,68 pada uji coba kelas diseminasi yang juga termasuk dalam kategori sedang. Model Scientific Collaborative Learning telah divalidasi dan terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran sains, khususnya dalam konteks sistem peredaran darah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectKreativitas Ilmiahen_US
dc.subjectKolaborasien_US
dc.subjectPembelajaran IPAen_US
dc.subjectScientific Collaborative Learningen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Scientific Collaborative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kreativitas Ilmiah dan Kolaborasi Siswa pada Pembelajaran IPAen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Naskah Tesis_Laily Nur Amaliah(220220104017).pdf
  Until 2030-02-14
Laily Nur Amaliah_2202201040176.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.