Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127298
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SETYORINI, Anghayu | - |
dc.date.accessioned | 2025-07-11T02:50:29Z | - |
dc.date.available | 2025-07-11T02:50:29Z | - |
dc.date.issued | 2025-01-31 | - |
dc.identifier.nim | 180210204076 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127298 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Matematika diajarkan dalam pendidikan formal untuk membantu siswa menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Hevitria & Kurniasi (2024:8), pemecahan masalah merupakan bagian yang sangat penting dari standar matematika, karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaiannya, siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang sudah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang bersifat non-rutin. Metakognisi memiliki hubungan erat dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 5 Bulurejo Banyuwangi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada pokok bahasan pecahan masih rendah. Banyak siswa kesulitan dengan masalah non-rutin. 80% siswa pada tahun ajaran 2024/ 2025 tidak memenuhi kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP). Hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang mendukung perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang di dalamnya memberi pembekalan dan pengembangan persoalan nyata dari kehidupan nyata siswa guna merangsang kemampuan tingkat tinggi siswa. Model PBL dengan pendekatan metakognitif merupakan salah satu model pembelajaran yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka dilakukan penelitian mengenai penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan pecahan kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “bagaimanakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V di SDN 5 Bulurejo Banyuwangi pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi pada pokok bahasan pecahan setelah diterapkan model PBL dengan pendekatan metakognitif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas Hopkins dengan dua siklus. Subjek penelitian melibatkan 20 siswa kelas V di SDN 5 Bulurejo Banyuwangi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/ 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada hasil belajar siklus I terdapat peningkatan sebesar 9,64 dari prasiklus, dan peningkatan hasil belajar pada siklus II sebesar 11,78 dari siklus I. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa juga menunjukkan peningkatan pada semua indikator, dan 60% siswa sudah memenuhi KKTP. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pokok bahasan pecahan kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi. Saran dalam penelitian yakni, guru dapat menjadikan model PBL dengan pendekatan metakognitif sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada pokok bahasan pecahan, pihak sekolah dapat memberi dukungan proaktif pada guru kelas yang akan menerapkan model pembelajaran PBL dengan pendekatan metakognitif demi tercapainya tujuan yang diharapkan, dan peneliti lain yang hendak melakukan penelitian serupa, dapat melakukan penelitian mengenai keterampilan proses siswa yang menjadi kendala siswa dalam memecahkan masalah matematis. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Drs. Nuriman, Ph.D. DPA: Fathan Fihrisi, M.Pd.I. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | en_US |
dc.subject | Pendekatan Metakognitif | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.title | Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SDN 5 Bulurejo Banyuwangi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Nuriman, Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fathan Fihrisi, M.Pd.I. | en_US |
dc.identifier.validator | Rudy K | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc (3).pdf Until 2030-02-13 | Anghayu Setyorini_180210204076; | 817.41 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools