Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127277
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAKILATIN, Lini-
dc.date.accessioned2025-07-10T07:38:13Z-
dc.date.available2025-07-10T07:38:13Z-
dc.date.issued2025-01-29-
dc.identifier.nim180210204244en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127277-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 10 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractPenelitian dilaksanakan bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konsep-konsep etnomatematika yang terdapat dalam aksesoris yang dikenakan olehpenari Tari Remo Boletan Jombang serta menyusun lembar kerja Matematika yang sesuai untuk peserta didik kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika dalam Tari Remo Boletan, yang berfokus pada aksesoris yang dikenakan oleh penari. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara pada pemilik sanggar Sasana Gebyar Seni dan penari Remo Boletan. Tari Remo Boletan dijadikan sebagai objek penelitian karena Tari Remo Boletan merupakan salah satu budaya yang dimiliki oleh kota Jombang. Tempat objek penelitian berada di Sanggar Tari Sasana Gebyar Seni yang beralamatkan di Griya Jombang Indah L/8, Kecamatan Jombang, Jawa Timur. Mengingat Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar dipahami oleh peserta didik terutama peserta didik sekolah dasar. Anggapan peserta didik pada mata pelajaran Matematika yang sukar dipahami membuat mereka cepat merasa bosan saat proses pembelajaran Matematika. Kebanyakan guru memberikan contoh soal yang tidak berkaitan dengan hal-hal yang ada di sekitar peserta didik, permasalahan tersebut membuat proses pembelajaran Matematika tidak berjalan dengan baik, sehingga kurang maksimal dan tidak efektif. Diperlukan pembelajaran Matematika yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik, contoh Matematika yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik, contoh salah satunya ialah budaya yang ada disekitar peserta didik. Tari Remo Boletan merupakan salah satu budaya yang ada di sekitar peserta didik yang mengandung unsur Matematika. Aksesoris yang dikenakan oleh para penari Tari Remo Boletan dapat dipergunakan sebagai penunjang Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif, dengan analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Dalam proses analisisnya melalui beberapa tahap, diantaranya ialah: (1) uji validassi instrumen, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah terdiri dari wawacara, observasi, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrumen observasi dan instrumen wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aksesoris yang dikenakan penari Tari Remo Boletan Jombang mengandung berbagai konsep matematika geometri. Bangun datar seperti segitiga, trapesium, persegi panjang, dan lingkaran banyak ditemukan pada aksesoris yang dikenakan oleh penari. Berdasarkan hasil tersebut, data yang diperoleh digunakan untuk menyusun lembar kerja peserta didik pada mata pelajaran Matematika yang menggabungkan materi Matematika dengan kebudayaan sekitar peserta didik, yaitu Tari Remo Boletan Jombang. Lembar kerja ini dirancang untuk membantu peserta didik memahami konsep Matematika secara kontekstual dengan mengaitkan aksesoris yang dikenakan oleh penari. Melalui pendekatan ini, diharapkan peserta didik dapat belajar Matematika dengan cara yang lebih relevan dan menarik. Implementasi lembar kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep Matematika dasar melalui pembelajaran yang terhubung dengan budaya. Kesimpulan dari penelitian yang dilaksanakan ialah Tari Remo Boletan Jombang memuat konsep-konsep matematika seperti, garis, sudut, serta bangun datar. Hasil penelitian digunakan sebagai bahan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik kelas III sekolah dasar yang berhubungan dengan etnomatematika pada Tari Remo Boletan Jombang.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. DPA: Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectTari Remo Boletan Jombangen_US
dc.subjectEksplorasien_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.titleEksplorasi Etnomatematika pada Aksesoris Tari Remo Boletan Jombang Jawa Timur sebagai Lembar Kerja Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasaren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorRudy Ken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LINI SAKILATIN_180210204244_SKRIPSI FKIP.pdf
  Until 2030-06-13
2.25 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools