Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127165
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAGUSTIAS, Moetiara Senja-
dc.date.accessioned2025-07-07T02:18:34Z-
dc.date.available2025-07-07T02:18:34Z-
dc.date.issued2025-01-09-
dc.identifier.nim180210101130en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127165-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractProfil adalah deskripsi atau narasi ringkas yang menjelaskan informasi yang berasal dari suatu situasi yang berkaitan dengan identitas atau data seseorang. kemampuan siswa mengacu pada keahlian atau kompetensi dasar yang dibutuhkan siswa untuk memahami berbagai macam konten dalam mata pelajaran tertentu pada level yang spesifik. Pemecahan masalah adalah aspek penting dalam matematika dan harus diberikan penekanan yang signifikan dalam pembelajaran siswa di kelas. Pemecahan masalah matematika adalah kemampuan kognitif tingkat tinggi yang membutuhkan pemahaman siswa tentang masalah dan penerapan konsep matematika untuk menyelesaikannya. Kemampuan pemecahan masalah adalah seperangkat komponen kognitif, perilaku, dan sikap yang kompleks yang bersifat situasional dan bergantung pada pengetahuan dan pengalaman yang menyeluruh. Kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari waktu ke waktu dan merupakan alat kognitif yang paling banyak digunakan. Perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika dapat berbeda berdasarkan usia, stereotip gender, dan lokasi sekolah. Metode Polya untuk memecahkan masalah matematika melibatkan empat langkah penting yang harus diikuti secara berurutan: memahami masalah, merancang strategi untuk menyelesaikannya, melaksanakan pendekatan yang direncanakan, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Strategi pemecahan masalah sistematis Polya meningkatkan kemahiran siswa dalam memecahkan masalah secara metodis, meningkatkan kemampuan berpikir analitis, dan mengurangi kemungkinan kesalahan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai metodologi penelitian yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masaah siswa dalam format naratif saat menyelesaikan masalah teorema Pythagoras dengan menggunakan tahapan Polya. Daerah dan subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas IX di MTS Nahdlatul Arifin. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan subjek penelitian terdiri dari tiga (3) siswa, dengan dipilih satu (1) siswa yang memiliki nilai tertinggi dari pengelompokan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hail penelitian yang dilakukan di lapangan, secara keseluruhan siswa menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang memadai, hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang menunjukkan nilai tertinggi masih di bawah ambang batas KKM sekolah. Mayoritas siswa telah memenuhi tahap pemahaman masalah dengan baik, namun mereka hanya menyatakan ulang masalah tanpa melakukan proses analisis lebih lanjut. Sejumlah besar siswa masih bingung dan memiliki miskonsepsi terkait operasi perhitungan akar. Siswa cenderung salah dalam memahami apa yang menjadi inti dari permasalahan, sehingga menyebabkan banyak kesalahan dalam menentukan desain solusi seperti apa yang sesuai dari permasalahan yang diberikan dan pada akhirnya mengarahkan pada solusi yang salah, terlepas dari kesalahan dalam proses perhitungan. Selain itu, banyak siswa yang lalai untuk menyertakan kesimpulan di akhir jawaban mereka.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dr. Susanto, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPemecahan Masalah Matematisen_US
dc.subjectMenyelesaikan Soal Teorema Pythagorasen_US
dc.subjectTahap Polyaen_US
dc.titleProfil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahap Polyaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Susanto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 13 Februari,2025en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
moetiara senja agustias (180210101130).pdf
  Until 2030-02-13
Moetiara Senja Agustias_1802101011303.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools