Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127165
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AGUSTIAS, Moetiara Senja | - |
dc.date.accessioned | 2025-07-07T02:18:34Z | - |
dc.date.available | 2025-07-07T02:18:34Z | - |
dc.date.issued | 2025-01-09 | - |
dc.identifier.nim | 180210101130 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127165 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Profil adalah deskripsi atau narasi ringkas yang menjelaskan informasi yang berasal dari suatu situasi yang berkaitan dengan identitas atau data seseorang. kemampuan siswa mengacu pada keahlian atau kompetensi dasar yang dibutuhkan siswa untuk memahami berbagai macam konten dalam mata pelajaran tertentu pada level yang spesifik. Pemecahan masalah adalah aspek penting dalam matematika dan harus diberikan penekanan yang signifikan dalam pembelajaran siswa di kelas. Pemecahan masalah matematika adalah kemampuan kognitif tingkat tinggi yang membutuhkan pemahaman siswa tentang masalah dan penerapan konsep matematika untuk menyelesaikannya. Kemampuan pemecahan masalah adalah seperangkat komponen kognitif, perilaku, dan sikap yang kompleks yang bersifat situasional dan bergantung pada pengetahuan dan pengalaman yang menyeluruh. Kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari waktu ke waktu dan merupakan alat kognitif yang paling banyak digunakan. Perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika dapat berbeda berdasarkan usia, stereotip gender, dan lokasi sekolah. Metode Polya untuk memecahkan masalah matematika melibatkan empat langkah penting yang harus diikuti secara berurutan: memahami masalah, merancang strategi untuk menyelesaikannya, melaksanakan pendekatan yang direncanakan, dan mengevaluasi solusi yang diperoleh. Strategi pemecahan masalah sistematis Polya meningkatkan kemahiran siswa dalam memecahkan masalah secara metodis, meningkatkan kemampuan berpikir analitis, dan mengurangi kemungkinan kesalahan. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai metodologi penelitian yang dipilih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masaah siswa dalam format naratif saat menyelesaikan masalah teorema Pythagoras dengan menggunakan tahapan Polya. Daerah dan subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas IX di MTS Nahdlatul Arifin. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Pemilihan subjek penelitian terdiri dari tiga (3) siswa, dengan dipilih satu (1) siswa yang memiliki nilai tertinggi dari pengelompokan siswa yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hail penelitian yang dilakukan di lapangan, secara keseluruhan siswa menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang memadai, hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang menunjukkan nilai tertinggi masih di bawah ambang batas KKM sekolah. Mayoritas siswa telah memenuhi tahap pemahaman masalah dengan baik, namun mereka hanya menyatakan ulang masalah tanpa melakukan proses analisis lebih lanjut. Sejumlah besar siswa masih bingung dan memiliki miskonsepsi terkait operasi perhitungan akar. Siswa cenderung salah dalam memahami apa yang menjadi inti dari permasalahan, sehingga menyebabkan banyak kesalahan dalam menentukan desain solusi seperti apa yang sesuai dari permasalahan yang diberikan dan pada akhirnya mengarahkan pada solusi yang salah, terlepas dari kesalahan dalam proses perhitungan. Selain itu, banyak siswa yang lalai untuk menyertakan kesimpulan di akhir jawaban mereka. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Susanto, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah Matematis | en_US |
dc.subject | Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras | en_US |
dc.subject | Tahap Polya | en_US |
dc.title | Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Berdasarkan Tahap Polya | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Susanto, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Reza Ambarwati, M.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 13 Februari,2025 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
moetiara senja agustias (180210101130).pdf Until 2030-02-13 | Moetiara Senja Agustias_180210101130 | 3.76 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools