Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127155
Title: Analisis Statistik Deskriptif dan Korelasi Faktor Prestasi Hasil Belajar (Studi Kasus: SMPN 6 Jember)
Authors: DIATRI, Sania Auliyana
Keywords: Analisis Korelasi
Analisis Deskriptif
Faktor Eksternal
Faktor Internal
Prestasi Hasil Belajar
Issue Date: 21-Jan-2025
Publisher: Fakultas Ilmu Komputer
Abstract: Penelitian ini mengkaji pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 6 Jember, Indonesia. Melalui analisis deskriptif dan korelasional, penelitian ini mengevaluasi berbagai variabel seperti demografi, status sosial ekonomi, dan peran orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ibu merupakan prediktor positif terkuat terhadap prestasi siswa, menegaskan bahwa latar belakang pendidikan ibu memiliki pengaruh signifikan terhadap kesuksesan akademik anak. Selain itu, status sosial ekonomi, karakteristik keluarga, dan demografi siswa juga memberikan kontribusi terhadap variasi prestasi belajar. Faktor internal seperti jenis kelamin, usia, dan status kesehatan menunjukkan korelasi tertentu dengan hasil akademik, tetapi pengaruh faktor eksternal khususnya yang berkaitan dengan kondisi keluarga dan ekonomi lebih dominan. Temuan ini menyoroti kompleksitas faktor-faktor yang memengaruhi prestasi hasil belajar siswa serta menekankan pentingnya dukungan orang tua, khususnya pendidikan ibu, dalam meningkatkan hasil pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga mengenai konteks pendidikan di SMPN 6 Jember dan menawarkan rekomendasi strategis untuk meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127155
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sania Auliyana Diatri_202410101075_repo.pdf
  Until 2030-02-06
3.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools