Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127129| Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital pada Materi IPAS Kelas IV Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Budaya di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo |
| Authors: | MAGHFIRAH, Sabila |
| Keywords: | pop up book digital media pembelajaran |
| Issue Date: | 6-Jan-2025 |
| Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember |
| Abstract: | Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan materi IPAS berisi banyak bacaan yang membuat pelajaran menjadi kurang menarik dan sulit dipahami sehingga menimbulkan kejenuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pop up book digital dalam pembelajaran materi IPAS, Bab 6, subtema B, tentang “Indonesiaku Kaya akan Budaya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini hanya menggunakan 8 tahap karena kedelapan tahap tersebut sudah cukup untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo pada semester genap. Uji validitas produk oleh validator memperoleh nilai 84% (sangat layak), hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (9,884 > 1,675), dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif (ER) yang menghasilkan nilai 46,6% (keefektifan sedang), dan uji kepraktisan menghasilkan nilai 92,69% (sangat praktis). Berdasarkan nilai-nilai tersebut, terbukti bahwa media pop up book digital yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. |
| URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127129 |
| Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Sabila Maghfirah200210204060 skripsi repository.pdf Until 2029-02-05 | 3.56 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools