Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127129
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Digital pada Materi IPAS Kelas IV Bab 6 Topik B Indonesiaku Kaya Budaya di SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo
Authors: MAGHFIRAH, Sabila
Keywords: pop up book digital
media pembelajaran
Issue Date: 6-Jan-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan materi IPAS berisi banyak bacaan yang membuat pelajaran menjadi kurang menarik dan sulit dipahami sehingga menimbulkan kejenuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pop up book digital dalam pembelajaran materi IPAS, Bab 6, subtema B, tentang “Indonesiaku Kaya akan Budaya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini hanya menggunakan 8 tahap karena kedelapan tahap tersebut sudah cukup untuk menjawab rumusan masalah penelitian. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN Sumberkedawung 3 Probolinggo pada semester genap. Uji validitas produk oleh validator memperoleh nilai 84% (sangat layak), hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (9,884 > 1,675), dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif (ER) yang menghasilkan nilai 46,6% (keefektifan sedang), dan uji kepraktisan menghasilkan nilai 92,69% (sangat praktis). Berdasarkan nilai-nilai tersebut, terbukti bahwa media pop up book digital yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127129
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sabila Maghfirah200210204060 skripsi repository.pdf
  Until 2029-02-05
3.56 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools