Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127103
Title: | Analisis Semiotika Roland Barthes: Visualisasi Kelas Sosial dalam Sinematografi Film The Handmaiden (2016) |
Authors: | AGUSTIN, Yuli Ayu |
Keywords: | Kelas Sosial Sinematografi Roland Barthes |
Issue Date: | 25-Jan-2025 |
Publisher: | Fakultas Ilmu Budaya |
Abstract: | Film The Handmaiden adalah film bergenre exotic-thriller karya Park Chan-wook yang bercerita tentang orang Korea yang telibat penyamaran untuk menipu bangsawan Jepang. Dalam alur cerita penipuan tersebut terdapat plot twist yang melibatkan permasalahan kelas sosial menjadi penting di dalamnya. Kelas sosial merupakan golongan masyarakat yang terbagi berdasarkan pendidikan, pekerjaan, kepemilikan harta benda, dan gaya hidup. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menunjukkan bagaimana visualisasi kelas-kelas sosial dalam film The Handmaiden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes dalam sinematografi film. Penelitian ini berfokus pada bagaimana visualisasi kelas sosial atas dan bawah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa visualisasi kelas sosial dibagi menjadi 3 (tiga) kategori. Pertama adalah visualisasi kelas sosial atas yang memiliki kekuasaan dan gaya hidup melalui pakaian. Kedua, visualisasi kelas sosial bawah yang disorot sangat kecil sehingga menggambarkan tokoh tidak memiliki kekuatan atau lemah. Ketiga, representasi kelas sosial bawah yang melakukan perlawanan dengan menghancurkan pembatas antarkelas untuk menyelamatkan salah satu tokoh kelas atas. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Juli 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127103 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
YULI AYU AGUSTIN SKRIPSI.pdf Until 2030-01-05 | Yuli Ayu Agustin_190110401011 | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools